#
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkuat berbagai fasilitas dari sistem penanggulangan kebakaran hutan terintergrasi atau Integrated Fire Management (IFM) dengan menambah alokasi Rp300 miliar. (Dok. Sinar Mas).

Cegah Karhutla, APP Sinar Mas Perkuat Fasilitas Penanggulangan Kebakaran
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkuat berbagai fasilitas dari sistem penanggulangan kebakaran hutan dengan menambah alokasi Rp300 miliar

EmitenNews.com – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkuat berbagai fasilitas dari sistem penanggulangan kebakaran hutan terintergrasi atau Integrated Fire Management (IFM) dengan menambah alokasi Rp300 miliar. Anak usaha Sinar Mas Group itu mengintensifkan persiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), mengingat puncak musim kemarau  Agustus-September 2019.

Sampai 2018, APP Sinar Mas telah mengalokasikan lebih dari Rp1,3 triliun dalam berbagai upaya mencapai target zero fire pada 2020.

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata mengatakan investasi tahun ini untuk melengkapi apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Biaya terbesar tahun ini khususnya untuk sewa helikopter berikut operasionalnya. Pihaknya mengaku, investasi terkait pencegahan karhutla dilakukan belajar pada bencana tahun 2015.

“Tahun ini tetap ada investasi, penambahan dari investasi sebelumnya. Tahun ini melengkapi perlengkapan dan kegiatan lainnya, sebagian besar biaya operasional helikopter. Tahun ini lebih dari Rp300 miliar penambahannya. Ini biaya tambahan dari apa yang telah dilakukan,” ujar Suhendra dalam konferensi pers, di Gedung Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Suhendra menegaskan, pihaknya bersama seluruh mitra pemasok siap mengoptimalkan seluruh sumber daya di darat, air dan udara untuk mendukung pemerintah mencegah Karhutla. Pihaknya menargetkan tahun ini harus zero fire. Namun, tidak dapat dilakukan sendiri, sehingga diperlukan kerja sama dengan seluruh pihak, baik pemerintah atau masyarakat.

Hingga akhir 2018, APP Sinar Mas telah berhasil menurunkan angka kebakaran hutan hingga mendekati target zero fire pada periode berjalan. Saat ini, hanya 0,07 persen dari seluruh area konsesi pemasok APP Sinar Mas yang terdampak api akibat kebakaran.

Manajer Teknologi & Data Fire Management APP Sinar Mas, Gustaf Rantung mengatakan strategi utama APP Sinar Mas terdiri dari 4 pilar utama yang mencakup pencegahan, persiapan, deteksi dini dan respons cepat. Ia menyebutkan, hingga 2019, untuk mengantisipasi Karhutla, perusahaan telah memiliki lebih dari 3.000 personel regu pemadam kebakaran, yang sudah tersertifikasi Manggala Agni.

Selain itu, fasilitas lainnya, 506 pos pantau, 102 menara api, dan lebih dari 1.000 pompa air. APP Sinar Mas juga memiliki 138 truk pemadam kebakaran, 608 kendaraan patroli, dan 10 helikopter water booming. Gustaf menambahkan, perusahaannya juga memiliki sistem deteksi dini di situation room, yang mampu mengidentifikasi kebakaran lebih awal.

“Semua fasilitas tersebut disiagakan untuk menghadapi musim kemarau 2019,” katanya. ***

 

Check Also

Presiden Sepakat Naikkan Tarif Cukai Rokok 23 Persen Tahun 2020
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati: Kenaikan tarif cukai membuat rata-rata harga jual eceran rokok diperkirakan meningkat 35 persen

EmitenNews.com – Hampir pasti para perokok bakal menikmati harga rokok lebih mahal. Presiden Joko Widodo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *