#
Ilustrasi DI Yogyakarta. Saat memberikan arahan kepada para gubernur dalam rangka percepatan penyerapan APBD 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020). Presiden Joko Widodo menilai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi provinsi terbaik dalam menangani persebaran virus corona (covid-19). DIY terbaik berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (Dok. Kompas).

Daerah Istimewa Yogyakarta Keren, Provinsi Terbaik dalam Penanganan Persebaran Covid-19
Berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Presiden Joko Widodo menyebutkan DIY terbaik dalam penanganan pandemi virus corona

EmitenNews.com – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) keren. Wilayah yang dipimpin oleh Gubernur Sultan Hamengku Buwono X itu, menjadi provinsi terbaik dalam menangani persebaran covid-19. Presiden Joko Widodo menyebutkan DIY terbaik dalam penanganan pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau covid-19, berdasarkan parameter dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Dalam penanganan covid-19 ini dari seluruh parameter yang kita miliki memang DIY yang paling baik. Ini dengan parameter-parameter yang dimiliki oleh gugus tugas pusat,” ujar Presiden Jokowi dalam pengarahannya kepada para gubernur dalam rangka percepatan penyerapan APBD 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020).

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menyebutkan hingga Rabu, jumlah kumulatif penderita infeksi virus yang dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, di Yogyakarta sebanyak 396 kasus. Dari jumlah tersebut 309 orang sembuh dan 10 orang meninggal dunia. Jumlah ini terbilang kecil, dibandingkan misalnya dengan Jawa Timur yang menjadi provinsi dengan kasus kumulatif virus corona tertinggi yakni 17.395 orang.

Jokowi juga menyebutkan, empat provinsi lain yang dinilai memiliki penanganan terbaik terhadap persebaran virus corona, yakni Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo. “Bangka Belitung, juga masuk lima besar yang baik. Aceh juga masuk, Sumbar juga masuk, dan Gorontalo.”

Secara khusus Presiden Jokowi memuji penanganan pandemi virus corona di Papua Barat, yang angka kesembuhannya semakin tinggi. Jumlah kasus orang meninggal akibat corona di Papua Barat hanya empat orang. “Saya baru berbicara dengan Pak Gubernur Mandacan – Papua Barat– pengendaliannya yang sembuh banyak dan yang meninggal empat orang.”

Menurut Jokowi, akibat pandemic covid-19, seluruh negara di dunia tengah berupaya menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan setinggi-tingginya. Tiap negara juga berusaha semaksimal mungkin untuk menekan jumlah kasus positif. ***

 

Check Also

Satgas Covid-19 Akui Angka Kematian Akibat Penularan Virus Corona di Indonesia Masih Tinggi
"Angka kematian masih relatif tinggi dari global, tetapi kita yakini kerja sama  para dokter dan tenaga kesehatan dalam menangani pasien kita harapkan bisa baik lagi," kata Doni Monardo

EmitenNews.com – Ngeri. Angka kematian akibat penularan virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19) di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: