#

Dana Pensiun Tambah Investasi Saham Hingga 30% Jika Bunga Deposito Turun

EmitenNews – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan lembaga dana pensiun dan asuransi akan meningkatkan porsi investasinya pada portofolio saham hingga 30 %, hal itu dikarenakan penurunan suku bunga deposito ke kisaran 5%-6%.

Saat ini porsi investasi lembaga dana pensiun pada portofolio saham hanya 12,5% dari total dana kelolaan. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, pada akhir April 2017 nilai investasi dana pensiun pada portofolio mencapai Rp32,05 triliun.

Ada kecenderungan suku bunga deposito turun maka lembaga dana pensiun harus menambah porsi investasi pada portofolio saham.

“Nah, kalau mengejar yield 10 %, dana pensiun hanya punya pilihan menambah porsi investasinya pada saham sampai 30% dari total invetasinya,” ujar Tito di gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

‎Disampaikan bahwa kecenderungan bunga bank akan terus menurun seiring meningkatnya investasi masuk ke Tanah Air dan meningkatnya cadangan devisa, setelah lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor’s (S&P) memberi peringkat Layak Investasi pada surat utang negera Indonesia.

“Kalau rating naik maka uang akan masuk untuk investasi dan mendorong peningkatan cadangan devisa, sehingga bunga bank turun,” imbuh Tito kepada wartawan.

Check Also

Kehadiran KB Kookmin Bank Berdampak Positif Terhadap Kinerja Bisnis PT Bank Bukopin Tbk (BBKP)
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono menegaskan, kehadiran KB Kookmin sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP) juga turut memperkuat pengawasan perusahaan

EmitenNews.com – Kehadiran KB Kookmin Bank berdampak positif terhadap kinerja bisnis PT Bank Bukopin Tbk …

%d bloggers like this: