#

Dharma Satya Nusantara (DSNG) Akan Bangun Pabrik CPO di Kalimantan Barat

EmitenNews – PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) berencana akan membangun satu pabrik kelapa sawit (PKS) baru di Kalimantan Barat pada 2018. Pabrik baru itu berkapasitas 30 ton per jam.

Rencana tersebut dilakukan di tengah tantangan cukup berat bagi industri kelapa sawit domestik. Tantangan itu berupa pengenaan bea impor cukup tinggi di negara tujuan ekspor.

Direktur Utama Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), Andrianto Oetomo mengatakan, masalah perang tarif adalah hal yang biasa saja. Itu hal normal normal. Pihaknya tetap optimistis.

“Perang tarif hal normal, jadi kami tetap optimistis,” katanya di Jakarta, Selasa (3/4).

Menurutnya, sejumlah tantangan ekspor tengah membelit industri sawit nasional. Misalnya India, yang sejak tahun lalu menaikkan tarif impor CPO dua kali lipat dari 7,5 persen menjadi 15 persen, dan minyak sawit olahan dari 15 persen menjadi 25 persen.

Tarif itu masih akan dinaikkan lagi menjadi 44 persen dan 54 persen, sedangkan palm oil (minyak sawit) masih kompetitif.

Nantinya dengan pengoperasian pabrik baru itu, total kapasitas PKS milik perseroan mencapai 480 ton per jam. Perseroan juga tengah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Kalimantan Timur (Kaltim).

Andrianto mengatakan, produksi CPO perusahaan tahun lalu meningkat 29 persen menjadi 403,6 ribu ton. Dengan harga jual rata-rata minyak sawit sebesar Rp 8,1 juta per ton. Naik sekitar 8 persen dibandingkan 2016.

Perseroan memiliki 13 kebun dan 7 pabrik kelapa sawit dengan total kapasitas 450 ton TBS per jam, kemudian 1 kernel crushing plant memproduksi Palm Kernel Oil (PKO) dengan kapasitas 200 ton per hari. Segmen usaha kelapa sawit berkontribusi 83 persen. (FSP)

Check Also

Rumor Panas, Putra Bungsu Presiden Jokowi Beli Klub Bali United (BOLA)
Tetapi, karena belum ada penjelasan resmi, ada yang menduga isu ini sengaja diangkat untuk mendongkrak harga saham klub Bali United yang terdaftar di BEI dengan kode BOLA

EmitenNews.com – Rumor Kaesang Pangarep membeli klub Bali United berhembus kuat. Putra bungsu Presiden Joko …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: