#
Head of Sales XL Axiata Regional Jawa Timur Greater Malang dan Jember, Deri Puspita Yani, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih bersama teknisi XL Axiata meninjau lokasi tower BTS di sekitar Pelabuhan Feri Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Kamis (14/3/2019). (Dok. XL Axiata).

Dukung Pengembangan Pariwisata, XL Axiata (EXCL) Bangun Infrastruktur Jaringan ke Pelosok Daerah
Layanan data XL Axiata di Banyuwangi dipakai 300 ribu pengguna, ditopang oleh lebih dari 185 BTS 4G dan 315 BTS 3G

EmitenNews.com –  Komitmen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan guna mendukung pengembangan potensi ekonomi daerah, termasuk pariwisata. Keindahan alam yang hampir merata di seluruh daerah di Indonesia terus terangkat berkat keberadaan sarana digital, sehingga dengan mudah menyebar ke masyarakat luas, termasuk manca negara.

XL Axiata akan terus memperluas jaringan data dan internet cepat hingga ke pelosok-pelosok daerah. Dengan begitu masyarakat dan pemerintah daerah bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk memperoleh nilai tambah dari potensi ekonomi daerahnya.

Dalam rilis  yang diterima Minggu (17/3/2019), Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, tahun 2019 pihaknya menganggarkan belanja modal sebesar Rp7,5 triliun. Sebanyak 80 persen di antaranya dipergunakan untuk membangun jaringan data berkualitas, termasuk di luar Jawa.

“XL Axiata membangun jaringan hingga ke pelosok negeri searah dengan visi pemerintah yang berusaha melaksanakan percepatan pembangunan di segala bidang, dengan infrastruktur jaringan data dan internet cepat sebagai salah satu penopang utamanya,” katanya.

Dalam satu dasawarsa terakhir, seiring dengan datangnya era serba digital, masyarakat Indonesia mengetahui dan mengenal banyak sekali tujuan wisata baru di berbagai daerah. Jika dulu masyarakat hanya mengenal beberapa destinasi klasik seperti Bali, Borobudur, dan Danau Toba, kini melalui sosial media banyak sekali lokasi tujuan wisata baru bermunculan di pelosok-pelosok daerah yang sebelumnya kurang dikenal.

“Masyarakat juga semakin mengenal budaya Indonesia yang sangat beragam, termasuk produk kuliner. Berkat teknologi digital dan jaringan data berkualitas, masyarakat Indonesia semakin mudah mengenal dan mengenalkan potensi wisata di berbagai daerah,” kata Yessie.

PT XL Axiata Tbk salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional, Juli 2015.

XL Axiata bagian dari Axiata Group bersama Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).

XL Axiata di Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur salah satu daerah yang sukses mengembangkan potensi pariwisatanya dengan memanfaatkan sarana digital sebagai ajang promosi. Dulu Banyuwangi sebatas dikenal sebagai tempat penyeberangan ferry dari dan ke Bali. Kini, daerah ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata popular, bertetangga dengan Bali. Sejumlah pantainya menjadi tujuan utama para peselancar dunia. Foto-foto keindahan alam dan budaya Banyuwangi wara-wiri di sosial media.

Bersamaan dengan itu, sepanjang 2017 trafik layanan data XL Axiata di Banyuwangi meningkat 92 persen. Yessie meyakini pertumbuhan trafik data di daerah Bupati Abdullah Azwar Ana situ, akan terus tinggi di masa mendatang, seiring terus berkembangnya ekonomi daerah, dengan pariwisata sebagai salah satu penopang utamanya.

“Angka pertumbuhan trafik tersebut sekaligus menunjukkan semakin tingginya intensitas masyarakat memanfaatkan layanan data XL Axiata seiring dengan peningkatan kualitas layanan yang terus menerus kami lakukan,“ imbuh Yessie.

Sejauh ini pengguna layanan data XL Axiata di Banyuwangi mencapai 300 ribu pengguna, ditopang oleh lebih dari 185 BTS 4G dan 315 BTS 3G. Jaringan 4G XL Axiata di Banyuwangi masih akan terus diperluas dalam 2019. Salah satu acuan bagi XL Axiata dalam peningkatan kualitas dan perluasan jaringan data ini, lokasi wisata yang terus berkembang pula, antara lain kawasan pantai pulau merah dan desa adat OSING.

Keberadaan layanan internet cepat 4G dari XL Axiata juga sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan perekonomian daerah, selain meningkatkan pendapatan melalui sektor industri kecil yang mendukung ekosistem pariwisata. Pemerintah daerah juga bisa mendorong penggunaan layanan 4G untuk saranan belajar mengajar di sekolah, mendukung layanan kesehatan, serta berbagai layanan publik lainnya.

Saat ini XL Axiata memiliki sekitar 54,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai 82 persen dari total pelanggan. Semua itu didukung infrastruktur jaringan lebih dari 118 ribu BTS. Termasuk lebih dari 81 ribu BTS data (3G & 4G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta jaringan fiber optik 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data 4G XL Axiata juga telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten di Indonesia. ***

 

Check Also

YLKI Sayangkan Garuda Langsung Laporkan Dua YouTuber atas Pencemaran Nama Baik
Ketua YLKI Tulus Abadi mengimbau konsumen lebih berhati-hati saat melancarkan kritik melalui media sosial terhadap pelaku usaha

EmitenNews.com – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan sikap PT Garuda Indonesia (Persero) yang langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *