#
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya. (EmitenNews.com/Nasir).

Dukung Percepatan Pembangunan XL Axiata Perluas Jaringan Data di Luar Jawa
Memasuki 2019, XL Axiata melanjutkan pembangunan jaringan data, menjangkau daerah terpencil Kawasan Barat hingga Timur Indonesia

EmitenNews.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen membangun jaringan data 4G LTE dengan mayoritas BTS termasuk BTS 4G/3G, semakin berfokus di luar Jawa. Jaringan data XL Axiata telah menjangkau 440 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan target relatif sama jumlahnya dengan 2018, itu cara perseroan menjaga pertumbuhan 2019.

Kepada 70-an wartawan dari berbagai daerah di Tanah Air yang mengikuti media gathering XL Axiata 2019, di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis-Sabtu (4-6/4/2019), Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya, memastikan dukungan pihaknya atas percepatan pembangunan wilayah itu. Selain aspek bisnis, visi XL Axiata dalam memperluas jaringan data ke berbagai penjuru Indonesia, memang beretekad mendukung percepatan pembangunan.

XL Axiata ingin berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Infrastruktur jaringan data berkualitas, antara lain berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Yessie memberikan salah satu contoh terbaik, apa yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Wilayah Bupati Abdullah Azwar Anas itu, dinilai secara maksimal mampu memanfaatkan sarana digital untuk memajukan sektor pariwisata. Bagusnya, karena pada gilirannya menjadi pendorong produktivitas sektor-sektor lainnya.

Karena itu, memasuki 2019, XL Axiata melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil dari Kawasan Barat hingga Timur Indonesia. Di wilayah Barat, XL Axiata memulai pembangunan jaringan di Kepulauan Anambas. Tahun ini juga perluasan jaringan di Kawasan Timur Indonesia dilaksanakan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Dengan adanya perluasan ini, jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau sekitar 440 kota/kabupaten atau lebih dari 95 persen populasi Indonesia. Pembangunan infrastruktur jaringan ini didukung kabel serat optik antarpulau. Untuk jaringan backbone fiber optik yang sudah lebih dari 45 ribu km, masih akan dibangun terutama di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dalam paparannya di hadapan peserta media gathering, Kamis (4/4/2019) malam, yang juga dihadiri jajaran XL Axiata bersama Direktur Keuangan Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, Yessie mengemukakan tekad tersebut. Ia menyebutkan, perseroan akan terus melanjutkan pembangunan jaringan di Nusa Tenggara Timur.

Hingga saat ini, sudah terbangun jaringan data, baik 4G maupun 3G, pada 15 kota/kabupaten atau sebagian besar wilayah di provinsi NTT tersebut. Di wilayah Gubernur Viktor Laiskodat tersebut, XL Axiata akan terus melanjutkan perluasan yang sudah dimulai sejak tahun lalu secara agresif dari Sumba, Flores, hingga Pulau Timor di mana ibu kota provinsi, Kota Kupang, berada.

Menariknya, BTS-BTS 4G juga telah beroperasi di sejumlah pulau kecil, antara lain Rote. Perluasan jaringan data ini sekaligus mengakomodasi makin berkembangnya pariwisata daerah ini, seiring semakin populernya sejumlah destinasi wisata setempat melalui media sosial.

Data yang ada menunjukkan, khusus di Kawasan Timur Indonesia, total jaringan data XL Axiata telah melayani pelanggan di 150 kota/kabupaten (Jawa timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua). Dengan pembangunan jaringan di tahun ini, diharapkan wilayah layanan XL Axiata di Kawasan Timur Indonesia bertambah lebih dari 41 persen dibanding 2018.

Data tahun 2018 menunjukkan kontribusi pertumbuhan trafik layanan data yang sangat signifikan dari berbagai wilayah luar Jawa sejak XL Axiata meningkatkan kualitas jaringan datanya. Sebut saja, Sumatera, Kalimantan, dan NTB. Pada area lainnya, seperti Sulawesi, semakin tumbuh permintaan pasar yang cukup kuat. Karena itu, tahun ini, menurut Yessie, wilayah itu akan menjadi salah satu prioritas pembangunan jaringan data. ***

Check Also

Turun Terus, BEI Suspensi Saham PT Pelat Timah Nusantara (NIKL)

EmitenNews.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menghentikan sementara perdagangan saham PT Pelat Timah Nusantara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: