#
Ilustrasi Kejaksaan Agung. Tujuh orang saksi periksa terkait kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Importasi Tekstil pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2018-2020. Para saksi itu terdiri atas enam pejabat Bea Cukai, dan seorang pengusaha, diperiksa Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung. (Dok. Okezone).

Enam Pejabat Bea Cukai dan Seorang Pengusaha Diperiksa dalam Kasus Importasi Tekstil
Mereka antara lain, Kepala Kantor KPU BC Batam Susial Brata, Kabid PFPC 1 KPU BC Batam Yosef Hendriyansah, Kabid P2 pada KPU BC Batam Mohammad Munif, dan Direktur PT. Ciptagria Mutiarabusana Robert

EmitenNews.com – Tujuh orang saksi periksa terkait kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Importasi Tekstil pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2018-2020. Para saksi itu terdiri atas enam pejabat Bea Cukai, dan seorang pengusaha, diperiksa Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung. Pemeriksaan ini untuk mencari serta mengumpulkan bukti-bukti.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (1/7/2020), Kepala Pusat Penarangan Hukum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono mengungkapkan, tujuh orang saksi yang diperiksa itu, Kepala Kantor KPU BC Batam Susial Brata, Kabid PFPC 1 KPU BC Batam Yosef Hendriyansah.

Lainnya, Kabid P2 pada KPU BC Batam Mohammad Munif, Kepala Seksi Intelijen II KPU BC Batam Anugrah Arif Setiawan, Pemeriksa Barang pada KPU BC Batam Ramadhan Utama dan Randuk Marito Sirgar dan Direktur PT. Ciptagria Mutiarabusana Robert.

“Pemeriksaan saksi tersebut dilakukan guna mencari serta mengumpulkan bukti tentang tata laksana proses importasi barang dari luar negeri khususnya untuk tekstil yang mempunyai pengecuali tertentu dengan barang importasi lainnya,” kata Hari Setiyono.

Di tengah pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau covid-19, pemeriksaan terhadap para saksi tersebut, tetap memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19. Misalnya, dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan Penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Bagi para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan,” katanya.

Seperti diketahui Kejaksaan Agung menetapkan lima orang tersangka dalam perkara importasi tekstil pada Dirjen Bea Dan Cukai Tahun 2018-2020. Kelima orang tersebut atas nama inisial MM, DA, HAW, KS dan IR. Sebelum penetapan itu, jaksa penyidik terlebih dahulu memeriksa tiga orang; KS, DA dan HAW.

Setelah selesai pemeriksaan ketiga saksi, berdasarkan alat bukti yang dikumpulkan Tim Jaksa Penyidik, ketiga saksi tersebut ditetapkan sebagai Tersangka bersama 2 orang lainnya, berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor : PRINT-22/F.2/Fd.2/04/2020 tanggal 27 April 2020 dan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor : PRINT-22a/F.2/Fd.2/05/2020 tanggal 6 Mei 2020.

Ketiga orang itu merupakan pegawai KPU Bea Cukai Batam yang bertanggung jawab dalam bidang pelayanan pabean dan cukai di KPU Bea Cukai Batam dan yang sering melayani dan berhubungan dengan pengurus PT. FIB (Flemings Indo Batam) dan pengurus PT. PGP (Peter Garmindo Prima) sebagai importer tekstil dari Singapura ke Batam.

Atas pemeriksaan itulah ketiga orang tersebut yakni KS, DA dan HAW ditetapkan sebagai tersangka setelah dua orang lainnya. Ketiganya ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk waktu selama 20 hari terhitung mulai hari ini Rabu 24 Juni 2020 sampai 13 Juli 2020. ***

 

Check Also

Kasus Covid-19 di Indonesia Jumat Ini Sudah di Atas 60 Ribu Penderita
Ada lima provinsi yang mencatat kasus baru Covid-19 dalam jumlah tinggi, hari ini. Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan penambahan terbanyak, yaitu 353 kasus baru

EmitenNews.com – Kasus covid-19 hari ini sudah di atas 60 ribu orang. Sejak kasus pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: