#
Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi

Februari 2020, BEI Wajibkan AB Tampilkan Notasi Khusus Pada Kode Emiten di Online Trading

EmitenNews.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan, pihaknya akan menerbitkan surat edaran yang mewajibkan seluruh anggota bursa (AB) untuk menampilkan notasi khusus pada kode saham dalam kriteria khusus.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap investor ritel melalui peningkatan pengawasan kepada para emiten.

“Surat edarannya akan diterbitkan pada Agustus 2019 dan enam bulan kemudian akan diwajibkan,” ujarnya saat ditemui di gedung BEI Jakarta, Senin (19/8).

Hasan menjelaskan, surat edaran tersebut nantinya akan mewajibkan seluruh AB dengan wahana perdagangan efek digital untuk menampilkan notasi khusus pada kode saham untuk tampilan penawaran jual dan beli.

Hasan mengimbau, selama enam bulan sejak saat ini, AB yang belum menampilkan notasi khusus pada aplikasi perdagangannya diharapkan dapat mempersiapkan penambahan fitur tersebut. Nantinya, BEI akan memberikan subsidi terkait fitur tersebut.

“Kami sudah menyiapkan dana sebesar Rp600 juta untuk itu,” tuturnya.

Hasan mengungkapkan, dari keseluruhan AB yang sebanyak 80 perusahaan dengan wahana perdagangan digital, sudah ada 15 AB yang telah menampilkan notasi khusus.

“15 AB tersebut mewakili 70 persen dari total nilai transaksi investior ritel. Jadi secara total nilai transaksi sudah lebih dari 50 persen, sedangkan dari sisi jumlah AB memang masih ada 65 AB lagi,” ucapnya.

Hasan menegaskan, pihkanya nya akan mengenakan sanksi terhadap AB bersangkutan jika hingga Februari 2020 masih terdapat AB yang belum menampilkan notasi khusus.

“Mulai dari sanksi tertulis hingga sanksi denda,” tandasnya. (Romys)

Check Also

Selain SCBD, Tiga Emiten Ini Akan Ditendang Oleh BEI

EmitenNews.com – Penghapusan pencatatan saham di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) atau delisting kembali tersorot. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *