#
Fredy Kusnadi. (Dok. Tribunnews).

Fredy Kusnadi Seteru Mantan Wamenlu Dino Patti Ditahan Polisi Sejak Jumat Malam
Pengacara Tonin Tachta Singarimbun mengabarkan kliennya ditahan sejak semalam, setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka Jumat pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB

EmitenNews.com – Fredy Kusnadi yang dituding sebagai gempong mafia tanah sudah ditahan. Seteru mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal itu, Jumat (19/2/2021) malam, menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus mafia tanah yang mengambil rumah ibu Dino. Setelah diperiksa sekitar 7 jam, Fredy Kusnadi ditahan polisi.

Tonin Tachta Singarimbun, pengacara Fredy Kusnadi, mengabarkan perkembangan terbaru kasus kliennya itu. Ia memastikan, sang klien sudah ditahan sejak semalam, Jumat (19/2/2021), sekitar pukul 22.00 WIB. Penyidik yang memeriksa Fredy sekitar pukul 14.00 WIB sampai selesai jam 21.00 WIB, mengajukan sedikitnya 40 pertanyaan.

Pemeriksaan sebetulnya sudah selesai pada pukul 19.30 WIB. Tetapi, ada sejumlah keterangan pada BAP yang dikoreksi oleh Fredy Kusnadi. Sebanyak 14 poin yang dikoreksi tersangka kasus mafia tanah itu, sehingga pemeriksaan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB.

Menurut Tonin, terdapat sejumlah keterangan yang tidak relevan dalam BAP tersebut. Ia mengungkapkan, penyidik tidak mempertimbangkan alat bukti yang ada. Apa-apa yang disangkakan, kata dia, tidak relevan lagi setelah dijawab dalam BAP. “Jadi penyidik sekarang hanya menghargai keterangan tanpa perlu dibuktikan alat bukti lain.”

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, Polda Metro Jaya menangkap 15 tersangka, termasuk Fredy Kusnadi, terkait kasus mafia tanah yang menjarah rumah ibu Dino Patti Djalal itu. Dalam aksinya, para pelaku menghadirkan figur palsu yang berperan seolah-olah sebagai pemilik sah atas tanah atau bangunan. Figur palsu itu dilengkapi pula dengan identitas palsu, KTP palsu.

Itulah yang dilakukan oleh tersangka Fredy Kusnadi, sehingga disebut mafia oleh mantan Wamenlu Dino Patti Djalal. Fredy diketahui membayar Rp10 juta kepada tersangka Aryani untuk memerankan figur sebagai Yusmisnawati yang diketahui sebagai keluarga ibu Dino Patti Djalal.

Menurut Tubagus, figur-figur palsu ini yang berperan seolah-olah keluarga Dino Patti Djalal dalam melakukan transaksi perpindahan hak milik bangunan di PPAT. Padahal, korban tidak mengetahui proses itu sama sekali. Dino memastikan tidak ada proses juali beli untuk rumah dan tanah sang ibu.

Dalam paparan Tubagus, figur palsu adalah seseorang yang menyerupai korban, dibuat sedemikian menyerupai korban dilengkapi dokumen KTP palsu kemudian melakukan transaksi di pejabat pembuat akte tanah. Terjadilah pemindahan hak. Padahal yang punya tidak tahu proses itu.

Dalam aksi mafia itu, sebanyak 15 tersangka memiliki peran masing-masing untuk memuluskan rencana jahatnya. Mulai dari aktor intelektual, yang menyiapkan sarana-prasarana, menyiapkan figur, hingga berperan sebagai notaris & PPAT.

Sebelumnya seperti dikutip dari Kumparan, Fredy Kusnadi mengungkapkan, beralihnya rumah ibunda Dino Patti Djalal itu, sudah melalui proses jual beli sah. Ia mengaku telah menempuh proses pembelian rumah sesuai aturan. Bahkan, dia mengeluarkan uang Rp4 miliar untuk menebus sertifikat rumah yang digadaikan itu di sebuah koperasi.

Fredy mengatakan ditawari rumah itu oleh seseorang bernama Mustofa, yang mengaku sebagai anak asuh ibu Dino. Fredy kemudian bertemu ibu Dino untuk menanyakan apakah akan menjual rumah itu. Pertemuan berlangsung di kawasan Kemang. Di sana, ibu Dino setuju menjual rumah itu setelah pertemuan ketiga.

Fredy sempat melaporkan Dino Patti Djalal ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik. Ia menyoalkan cuitan mantan Dubes RI di Amerika Serikat itu, yang menuduhnya sebagai gembong mafia tanah.

Kini baiklah kita tunggu akhir kasus yang kini dalam penanganan polisi itu. ***

Check Also

Kasus Sertifikat Rumah Ibunda Dinno Patti Djalal, Indikasikan Mafia Tanah Eksis di Republik Ini
Rumah Ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri saja bisa dengan mudah diubah sertifikatnya, bagaimana dengan milik orang biasa ya? Bagusnya polisi sudah meringkus pelakunya

EmitenNews.com – Kasus lima sertifikat rumah Ibunda Dino Patti Djalal berpindah tangan dengan mudah, jelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: