#
Ilustrasi: MDLN

Gagal Bayar Obligasi, Pefindo Turunkan Lagi Peringkat Modernland Realty (MDLN) Menjadi idD
PEFINDO juga menurunkan peringkat MDLN menjadi "idSD" dari "idCCC".

EmitenNews.com- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menurunkan peringkat Obligasi Berkelanjutan I 2015 Seri B PT Modernland Realty Tbk (MDLN) menjadi “idD” dari “idCCC” dari “idBBB-.” karena gagal membayar pokok pinjaman yang jatuh tempo sebesar Rp150 miliar pada 7 Juli 2020. PEFINDO juga menurunkan peringkat MDLN menjadi “idSD” dari “idCCC”.

Pandemi coronavirus (COVID-19) telah sangat memberatkan kondisi operasi MDLN karena penjualan lahan industri untuk sementara waktu tertunda di tengah pasar properti perumahan yang sudah lemah, sementara koleksi cicilan kas dari penjualan sebelumnya sedang di bawah tekanan karena kapasitas pembeli untuk membayar terganggu.

Baca juga: Tunda Bayar Obligasi, BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham Modernland Realty (MDLN)

Akses ke sumber likuiditas juga terhambat karena keengganan pemberi pinjaman terhadap sektor ini yang juga meningkat. Ini terbukti dengan saldo kas MDLN yang turun menjadi Rp180,3 miliar pada 31 Maret 2020 dari Rp553,9 miliar pada akhir 2019.

Kegiatan MDLN meliputi pengembangan properti residential, kawasan industrial, dan eksposur kecil ke segmen perhotelan dan komersial. Proyek-proyek utama MDLN terletak di Cakung, Serang, dan Tangerang. Pada tanggal 31 Desember 2019, pemegang saham MDLN adalah

PT Honoris Corporindo Pratama (14,1%), PT Panin Sekuritas Tbk (12%), AA Land Pte Ltd (7,4%), Woodside Global Venture Inc (6,9%), PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (5%), and the public (54,6%)

Check Also

Pefindo Tegaskan Peringkat Bank Mayapada Internasional (MAYA) “idBBB+”

EmitenNews.com- PT Pemeringkat Efek Indonesia ( Pefindo ) menegaskan peringkat PT Bank Mayapada Internasional Tbk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: