#
Gong Xi Fa Cai. Hari ini, Jumat (12/2/2021), masyarakat Tionghoa merayakan Imlek 2021. Di Indonesia Tahun Baru China 2572, bebas terselenggara, tak bisa dilepaskan dari peran dan jasa Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid. (Dok. Kumparan).

Gong Xi Fa Cai, dan Betapa Besarnya Jasa Gus Dur
Selamat Tahun Baru China, Jumat (12/2/2021). Di tengah pandemi covid-19 Presiden Joko Widodo ikut merayakan Imlek nasional secara virtual, Sabtu (20/2/2021)

EmitenNews.com – Gong Xi Fa Cai. Hari ini, Jumat (12/2/2021), masyarakat Tionghoa merayakan Imlek 2021. Di Indonesia Tahun Baru China 2572, bebas terselenggara, tak bisa dilepaskan dari peran dan jasa Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid. Berkat Gus Dur, warga Tionghoa bisa merayakannya secara terbuka, dan massal. Di tengah pandemi covid-19 Presiden Joko Widodo ikut merayakan Imlek nasional secara virtual, Sabtu (20/2/2021).

Di tengah masih tingginya penyebaran virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19), perhelatan akbar Tahun Baru Imlek 2572 nasional, diadakan secara virtual. Inilah momentum baru bagi umat Konghucu dan masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek 2021 di tahun Kerbau Logam, yang dipercaya membawa keberkahan, dan kesejahteraan.

“Nuansa kesederhanaan, pemanfaatan teknologi serta penerapan protokol kesehatan akan kuat terasa tahun ini,” kata Ketua Panitia Imlek Nasional 2021, G. Sulistiyanto dalam webinar, Selasa (9/2/2021).

Gelaran bertemakan ‘Untukmu Negeri, Kami Berbakti dan Peduli’ itu yang menyebabkan panitia tidak menggunakan kata ‘perayaan’. Kata Sulistiyanto, acara yang berlangsung secara virtual, Sabtu (20/2/2021) itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo, bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pejabat pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Semoga acara ini bisa menjadi simbolisasi kepedulian terhadap sesama. Pandemi covid-19 menjadi kesempatan kami untuk saling peduli dan mendukung melalui banyak cara, memulainya dari diri sendiri,” kata pendiri Gerakan Pakai Masker Nasional itu.

Sulistiyanto percaya kegiatan keagamaan secara virtual takkan mengurangi maknanya. Mengenakan masker dengan baik, dan menghindari kerumunan misalnya, wujud cinta kasih kepada diri sendiri dan lingkungan sekitar. “Kami percaya kita dapat melakukannya tanpa kehilangan makna dari Tahun Baru Imlek tersebut.”

Bentuk kepedulian terhadap sesama juga dilakoni melalui serangkaian penyaluran bantuan sosial kemanusiaan. Seperti penyaluran bantuan berupa bahan makanan pokok, beras, ditambah masker, di sejumlah wilayah di Indonesia. Bagusnya, kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan itu, akan berlanjut hingga beberapa bulan ke depan.

Satu hal, perayaan Imlek yang semarak, lengkap dengan pertunjukan Barongsai, baru bisa berlangsung di era kepemimpinan Presiden Gus Dur (20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001). Pada era orde baru, masyarakat Tionghoa hanya boleh merayakan Imlek secara tertutup. Larangan itu dipatuhi sesuai Instruksi Presiden nomor 14 tahun 1967.

Presiden Gus Dur mencabut Instruksi Presiden nomor 4 tahun 1967 tentang Agama Kepercayaan dan Adat Istiadat China itu. Mantan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (NU) ini mengaku ingin mengangkat harkat kemanusiaan dan kesetaraan hak warga negara. Melalui Keputusan Presiden nomor 6 tahun 2000, Presiden Gus Dur menetapkan Imlek sebagai Hari Libur Nasional.

Pada 17 Januari 2000, untuk pertama kalinya Tahun Baru Imlek berskala nasional dapat dirayakan terbuka sehingga masyarakat keturunan China tak perlu lagi sembunyi-sembunyi. Sejak itu pula agama Konghucu yang menjadi kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa kemudian ditetapkan sebagai agama resmi ke-6 di Indonesia.

Selamat Tahun Baru China 2572. Semoga Imlek 2021 di tahun Kerbau Logam ini membawa segala keberkahan, dan kesejahteraan bagi kita semua. Gong Xi Fa Chai. ***

Check Also

Beli 1.000 GeNose, Wali Kota Makassar Terpilih Siap Perang Lawan Covid-19
Danny Pomanto anggarkan ratusan miliar untuk pembelian alat deteksi virus corona buatan para ahli dari UGM. Program lawan covid-19 yang diklaim orisinil siap digulirkan

EmitenNews.com – Mohammad Ramdhan Pomanto mencanangkan perang terhadap covid-19. Wali Kota Makassar terpilih 2021-2024 itu, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: