#

Hentikan 13 Proyek, Wijaya Karya (WIKA) Prediksi Pendapatan Turun 25-50 Persen Imbas Covid-19

EmitenNews.com– Perusahaan plat merah yang bergerak dibidang kontruksi bangunan dan jalan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mengakui akan adanya dampak dari pandemi wabah covid-19 yang sedang melanda Dunia saat ini terhadap kegiatan bisnis dan oprasional perseroan.

Mahendra Wijaya Corporate Secretary WIKA  dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke BEI Kamis (28/5) menyatakan, wabah covid berdampak pada penghentian oprasional sebagian usaha perseroan selama 3 bulan.dengan perkiraan penurunan total pendapatan untuk periode yang berakhir per 31 Maret 2020 atau 30 April 2020 mencapai 25 sampai 50 persen dari total perdapatan periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Pendapatan Turun Namun Laba Wijaya Karya (WIKA) Naik 26,41 Persen Pada 2019

 

Lebih lanjut di jelaskan, dari total 208 proyek berjalan WIKA Grup hingga April 2020, terdapat 13 persen proyek yang berada dalam kondisi suspend ,dimana terjadi penghentian sementara pada seluruh bagian kegiatan proyek.

Sedangkan sekitar 23 persen proyek berada dalam kondisi slowdown yang dimana terdapat perlambatan di beberapa bagian seperti mobilisasi tenaga kerja dan pembatasan jumlah pekerja di lapangan akibat physical distancing.

Perseroan juga memperkirakan akan terjadi penurunan pada laba bersih yang tercacat per 31 Maret 2020 atau 30 April 2020 mencapai 25 sampai 50 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

Strategi yang dilakuakan oleh Emiten dibawah naungan Kementrian BUMN itu adalah dengan melakukan efisiensi biaya usaha, namun tetap menghindari adanya pengurangan karyawan sampai dengan sejauh ini.

Memaksimalkan produksi pada proyek-proyek yang sedang berjalan dengan terlebih dahulu melakukan assessment kepada project owner yang memiliki kemampuan likuiditas sehingga perusahaan mampu mengatur cashflow masuk dan keluar.

Mengajukan relaksasi pada fasilitas non cash loan yang didapat perusahaan dari tenor 6 bulan menjadi 12 bulan dan mengajukan penurunan bunga pinjaman.

Serta melakukan inovasi dan substitusi material impor menjadi material lokal dalam rangka mengefisiensikan biaya operasi.

Check Also

Penuhi Free Float, Golden Energy MInes (GEMS) Akan Rights Issue 10 Persen Saham

EmitenNews.com – PT Golden Energy MInes Tbk (GEMS) berniat melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: