#
Ilustrasi berita palsu (fake news) Foto: Pixabay

Hoax! Grup Lippo Belum Nyatakan Dukung Program DP Rumah 0 Persen

Emitennews – Grup Lippo merasa menjadi korban berita palsu (hoax). Konglomerasi pimpinan Mochtar Riady itu merasa harus memberikan klarifikasi terkait menyebar luasnya pemberitaan yang merugikan terkait hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

 

Direktur Humas Lippo Group, Danang Kemayan Jati, mengumumkan pihaknya tidak pernah memberikan statement yang merugikan pihak lain termasuk Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 

Pertama, menurut dia, terkait Lippo mendukung program Down Payment (DP) 0 persen dan rumah Rp 350 juta adalah hoax alias berita palsu. Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu.

 

”Acara yang dikutip di sosmed adalah acara ekonomi. Tentunya pasti Lippo mengharapkan kemajuan ekonomi dan juga ingin berperan dalam semua hal yang bisa membantu kalangan tidak mampu, termasuk “affordable living” dan “mass housing” yang dilakukan di banyak negara besar bagi warganya,” ungkapnya, hari ini (21/04).

 

Sementara ini, kata Danang, Lippo belum dan tidak ada rencana, dan juga bukan pengembang pertama, yang melakukan penjualan rumah Rp 350 juta seperti informasi yang beredar.

 

Dalam klarifikasi kedua, Lippo juga membantah beredarnya foto di social media (socmed) yang menayangkan bos MNC, Harry Tanoesoedibyo, James Riady (pimpinan Lippo), dan Tommy Winata.

 

”Foto tersebut adalah foto Februari 2016 di Hari Pers National di Lombok di hadapan Presiden Jokowi di mana kebetulan tempat duduk  pemimpin media, HT-MNC, James Riady-Berita Satu, TW-JakTV, telah diatur oleh Panitia. Jadi foto ini wajar saja karena Panitia yang menyusun,” bantahnya.

 

Maka penting, dia menegaskan, untuk diketahui bahwa foto yang beredar luas di jejaring social itu bukan dalam rangka Pilkada DKI Jakarta. Tetapi sebuah foto foto lama di acara Hari Pers Nasional 2016 di Lombok.

 

Lalu, mengenai statement “Ahok mau menang sendiri” yang banyak diedarkan sebagai sebuah ucapan James Riady juga ditegaskan Danang sebagai hoax. ”Tidak pernah ada statement itu dari Lippo. Statement itu editan dan copy paste dari tulisan yang asli,” tegasnya.

 

Belum cukup sampai di situ. Terkait kabar Anies Baswedan naik heli Lippo ke Aryaduta, menurutnya juga hoax. ”Tidak benar. Kenapa? Pada hari tersebut heli Lippo tidak ada yang terbang sama sekali. Area Aryaduta dan Jakarta juga telah ditetapkan NOTAM (no fly zone) untuk tanggal 20-23 April berhubung adanya latihan militer dan kunjungan Wapres Amerika. Ini adalah fakta,” dia memaparkan.

Check Also

IHSG Naik 0,41 Persen Meski Net Sell Rp1 Triliun. Saham BBCA dan HMSP Yang Terbesar Dijual Asing Pada Perdagangan Jumat (27/11)

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga penutupan perdagangan saham Jumat (27/11) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: