#
Sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi akses jalan menuju gerbang tol Jakarta-Cikampek, di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021). (Dok. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp).

Hujan Sampai Sabtu Pagi Ini, Genangan Air Melanda Jalan Tol Jabodetabek
PT Jasa Marga (Persero) Tbk., terus berupaya keras mengatasi genangan air di beberapa titik di jalan tol. Para pengendara diminta berhati-hati, dan memerhatikan setiap titik genangan

EmitenNews.com – Banjir menggenang di tol Jabodetabek, Sabtu (20/2/2021) pagi. Genangan air muncul setelah hujan lebat mengguyur sejak Jumat (19/2/2021) malam sampai Sabtu pagi. Pihak PT Jasa Marga (Persero) Tbk., memastikan sedang berupaya keras memanggulangi genangan di tol tersebut.

“Jakarta kembali diguyur curah hujan sangat tinggi sejak dini hari tadi. PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di jalan tol Jasa Marga,” ucap Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangannya, Sabtu (20/2/2021).

Dwimawan menyebut pihaknya sedang menangani genangan tersebut. Dia  meminta kepada pengguna tol untuk memperhatikan titik-titik genangan.  Akibat genangan air ini, kendaraan di sejumlah titik tersendat karena tidak bisa melintas, salah satunya di wilayah Ampera, Jakarta Selatan.

Dalam rilisnya Sabtu pagi, Jasa Marga menyebutkan telah mendata sejumlah titik genangan di jalan tol:

Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Arah Jakarta:

– Km 09B, saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

– Akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede

– Km 19B, genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.

– GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi

– GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi

Jalan Tol Jakarta-Tangerang

Arah Tangerang:

– SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang. Tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

– Km 24 A, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

Genangan terjadi di Tol JORR dan Tol Dalam Kota.

Jalan Tol JORR: Pondok Ranji Serpong

Arah Serpong:

– KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

Jalan Tol Jagorawi

Arah Jakarta:

– Km 3+800, saat ini L3 dan L4 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan pemasangan tanggul dan penanganan dengan pompa.

Jalan Tol Dalam Kota Jakarta

Arah Tanjung Priok

– KM 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.

Banjir juga melanda sejumlah wilayah di Jakarta. Salah satunya di Jalan Mongisidi, Jakarta Selatan, mulai Sabtu dini hari. Ketinggian air mencapai sekitar 50 cm sepanjang 100-200 meter. Ada beberapa pengendara sepeda motor ataupun mobil yang nekat tetap melintas. Akibatnya, tak sedikit sepeda motor sempat mogok sehingga didorong oleh pengendara.

Menggunakan gerobak kayu, warga bergotong royong mengangkat motor pengendara agar bisa melintasi jalan yang banjir. Upaya warga ini cukup menolong para pengendara yang terjebak banjir.

Terlihat petugas dinas kebersihan yang bersiaga untuk membantu surutnya banjir. Polisi lalu lintas pun di lokasi untuk mengatur kendaraan. Di atas jam 08.00 WIB, banjir di Jalan Wolter Monginsidi arah ke Jalan Kapten Tendean sudah dalam proses penyurutan.

Seperti diketahui hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Tanah Air, sejak Kamis (18/2/2021) malam, sampai Jumat (19/2/2021) pagi, bahkan Sabtu ini, hujan terus turun. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah menetapkan status siaga potensi banjir dan banjir bandang di seluruh provinsi di Pulau Jawa.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga sudah mengingatkan akan bahaya banjir besar Jadetabek, Jumat, dan Sabtu (19-20 Februari 2021). Karena itu warga diminta terus waspada, terutama yang wilayahnya rentan terjadi genangan air. ***

Check Also

Awas, Jasa Marga Lagi Lakukan Ini di Tol Tergenang
Di Tol Cikampek KM 19 Arah Jakarta Dilakukan Contraflow

EmitenNews.com – Hujan super ekstrem yang sebelumnya sudah diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: