#
Positive Clipart

IHSG di Jalur Positif Pasca Long Weekend

Emitennews – Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat pasca long weekend. Terjadi kenaikan sebesar 16,321 poin (0,288 persen) ke level 5.680,796 pada penutupan perdagangan hari ini (25/04).

IHSG bergerak di rentang level 5.653 – 5.696 sepanjang hari ini didukung sebanyak 170 saham yang berhasil menguat. Sebaliknya terdapat 151 saham turun, sebanyak 114 saham tidak mengalami perubahan harga, dan sebanyak 145 saham tidak ditransaksikan.

Nilai transaksi perdagangan saham secara total sebesar Rp 8,35 triliun hari ini. Sebesar Rp 6,72 triliun di antaranya terjadi di pasar reguler dan sisanya di pasar negosiasi. Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih (foreign net buy) sebesar Rp 1,52 triliun.

Data kurs tengah Bank Indonesia (BI), nilai tukar Rupiah juga menguat ke level 13.296 per dolar Amerika Serikat (USD) hari ini dibandingkan 13.320 per USD pada penutupan 21 April 2017.

Research Analyst Reliance Securities, Rio Adrianus, menyatakan dari dalam negeri, utang pemerintah sampai Maret 2017 tercatat sebesar Rp 3.649,75 triliun atau meningkat secara neto Rp 60,63 triliun dari bulan sebelumnya. ”Sebanyak 12 persen dari total utang memiliki tingkat bunga mengambang dan 42 persen berdenominasi mata uang asing,” ujarnya, hari ini.

Dari  AS, Presiden Trump mengatakan akan memotong pajak korporat dan elite hingga 15 persen. Kebijakan fiskal itu diyakini oleh Steven Mnuchin dapat dibiayai dengan pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan pajak AS yang akan diperjelas besok (26/04) berpotensi membawa kelanjutan peningkatan yield obligasi negara. ”Namun demikian, kami tidak memperkirakan akan terjadinya capital outflows dalam waktu dekat mengingat masih adanya kemungkinan terjadinya penutupan parsial pada pelayanan publik AS di akhir pekan mendatang terkait anggaran yang melebihi debt ceiling apabila pembangunan tembok Meksiko dilaksanakan,” terangnya.

Dari Tiongkok, gubernur People Bank of China (PboC) Yi Gang mengatakan bahwa Non Performing Loan (NPL) alias rasio kredit bermasalah telah stabil dan laju uang keluar (capital outflow) telah mereda.

Di Eropa, mata uang Euro dan indeks saham global menguat setelah Macron, tokoh yang diunggulkan dalam Pemilu Perancis, lolos putaran pertama bersama dengan pihak oposisi anti-EU, Marine Le Pen.

Bursa unggulan di Asia mayoritas ditutup menguat hari ini. Indeks Nikkei 225 di Jepang naik 1,08 persen, indeks Kospi di Korea Selatan naik 1,06 persen, indeks Strait Times Singapura naik 0,63 persen, dan indeks Hang Seng di Hong Kong menguat 1,31 persen.

Check Also

Menteri Keuangan Ingatkan para Youtuber agar Taat Bayar Pajak

EmitenNews.com – Para Youtuber taatlah dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: