#
Pemerintah Mengkaji Sektor-Sektor Berorientasi Ekspor. Hal Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Penerimaan Negara Dari Ekspor.

Imbas Pelemahan Rupiah, Pemerintah Kaji Sektor Berorientasi Ekspor
BKPM Jajaki Peluang Baru Untuk Tingkatkan Investasi

EmitenNews – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai pelemahan nilai tukar rupiah dapat mendorong ekspor dan  investasi ke Indonesia. Pemerintah tengah mengkaji sektor-sektor yang berorientasi ekspor.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong merespons menguatnya mata uang dollar Amerika terhadap mata uang negara-negara berkembang seperti ringgit Malaysia, Baht Thailand termasuk rupiah.

Lembong menambahkan pelemahan rupiah disatu sisi dapat meningkatkan investasi pada berbagai sektor yang berorientasi ekspor. Pasalnya ekspor sangat penting sebagai pemasukan devisa negara.

“tekanan terhadap nilai tukar tentunya membuat pengembangan sektor-sektor yang berorientasi ekspor makin penting.

selain itu sektor jasa seperti pariwisata pun sama pentingnya dengan ekspor sebagai penyumbang devisa negara saat ini. berdasarkan data dari kementerian pariwisata sektor jasa saat ini sudah sebanding dengan pengolahan minyak sawit yang merupakan sumber devisa nomor satu indonesia. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, saat ini cadangan devisa Indonesia sebesar USD 131,980 Miliar setara setara Rp 1.755,33 triliun.

Posisi cadangan devisa bank sentral tersebut cukup untuk membiayai 8,5 bulan impor atau 8,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Artinya kemampuan cadangan devisa BI berada di atas standar kecukupan internasional, yakni sekitar 3 bulan impor.

Check Also

Rumor Panas, Putra Bungsu Presiden Jokowi Beli Klub Bali United (BOLA)
Tetapi, karena belum ada penjelasan resmi, ada yang menduga isu ini sengaja diangkat untuk mendongkrak harga saham klub Bali United yang terdaftar di BEI dengan kode BOLA

EmitenNews.com – Rumor Kaesang Pangarep membeli klub Bali United berhembus kuat. Putra bungsu Presiden Joko …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: