#

Indonesia Transport dan Infrastructure (IATA) Akui Covid-19 Pengaruhi Jumlah Penumpang Angkutan Udara

EmitenNews.com- Perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan Udara PT Indonesia Transport dan Infrastructure Tbk (IATA) menyatakan dampak Pandemik Virus Corona (Covid-19) mempengaruhi
jumlah penumpang pada angkutan udara. Badan Pusat Statistik mencatat adanya penurunan yang drastis pada jumlah penumpang yang berpergian baik secara domestik maupun internasional sampai dengan pada Mei 2020.

Pada laporan tahunan IATA yang disampaikan kapada BEI Selasa (2/7/2020) Henry Suparman Presiden Direktur  IATA menjelaskan, Sejak adanya wabah covid-19, harga sector energi dan logam telah turun tajam sebagai langkah untuk mengatasi pandemi – pertama di Cina, kemudian di seluruh dunia – secara substansial mengurangi perjalanan dan menekan aktivitas industri global. Harga minyak jatuh lebih jauh pada Maret 2020.

Harga minyak dunia yang masih rendah membuat pelaku usaha minyak dan gas kesulitan dan berimbas pada bisnis charter pesawat di Indonesia. Harga migas yang berkisar USD37,38 per barel sejak awal tahun 2020 membuat bisnis charter di Indonesia akan terus melakukan efisiensi.

“Kondisi ketidakstabilan saat ini membuat Perusahaan perlu berinovasi, mencari peluang bisnis baru dan melakukan ekspansi di masa depan.” tutur Henry Suparman Presiden Direktur  IATA .

Pada tahun 2019, Perseroan membukukan kerugian bersih sebesar USD 4,9 juta, menurun dari tahun lalu sebesar USD 7,24 juta. Pendapatan usaha Perseroan tercatat sebesar USD14,8 juta, menurun 26% dibandingkan tahun sebelumnya, yakni USD20,2 juta.

Perseroan  melakukan diversifikasi usaha melalui industri infrastruktur. Kegiatan usaha tersebut telah
membuahkan hasil berupa pengoperasian bulk loading conveyor di pelabuhan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur dengan kapasitas produksi meningkat setiap tahun. Pendapatan dari entitas anak yang naik 18.69% diperoleh dari pengoperasian jasa pelabuhan sebesar USD5,9 juta dari sebelumnya USD 5 juta, berkontribusi sebesar 40% dari total pendapatan konsolidasian.

Check Also

Kasus Covid-19 di Indonesia Jumat Ini Kembali Bertambah di Atas 4 Ribuan Penderita
Penting diingatkan, semua kalangan harus makin menyadari pentingnya menggunakan masker walaupun di rumah. Terutama jika ada anggota keluarga yang rentan tertular virus corona

EmitenNews.com – Kasus positif virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) kembali bertambah di atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: