Sarasehan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahun 2019 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019) malam. (Dok. Okezone).

Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla Kepada Alumni Penerima Beasiswa LPDP
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan sudah menyalurkan Rp46,117 triliun

EmitenNews – Ini pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kepada mereka JK mengingatkan, jangan terlalu berharap bekerja pada sektor pemerintahan. Menurut dia, banyak sektor lain yang membutuhkan tenaga ahli berpendidikan ketimbang mengincar posisi di pemerintahan.

Wapres Jusuf Kalla mengungkapkan hal tersebut dalam acara Sarasehan LPDP 2019 “Kembali Untuk Negeri”, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3/2019) malam.

Jadi, jangan terlalu berharap pulang ke Tanah Air, lalu mendapat kerja di bidang pemerintahan. Karena, Indonesia membutuhkan orang-orang berkemampuan tinggi di segala bidang. Kalaupun ada yang terserap dalam pemerintahan, jumlahnya tidak banyak. Paling-paling hanya 5 persen dari alumni LPDP yang dipekerjakan di pemerintahan.

Menurut JK, birokrasi tak membutuhkan banyak tenaga kerja. Yang paling penting, pertama jangan berharap banyak untuk bekerja di pemerintahan. Alumni LPDP harus berpikir bagaimana bisa mempekerjakan orang, jadi lebih produktif. “Yang paling terbuka, kewirausahaan atau profesionalisme. Itu yang jadi bagian kebutuhan bangsa ini sekarang dan ke depan.”

Semangatnya, bagaimana anak-anak bangsa yang telah menempuh pendidikan tinggi lewat jalur LPDP bisa memberi kontribusi lebih kepada negara dengan  penciptaan lapangan kerja. Menurut JK, lewat LPDP banyak anak-anak bangsa berkesempatan mendapat pendidikan yang baik di dalam dan luar negeri dengan biaya Negara, agar ada sumbangan SDM lebih baik.

Sementara itu, di acara yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bakal meningkatkan anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang saat ini sudah disalurkan Rp46,117 triliun. Pemerintah masih akan menambah besaran dana itu, agar makin banyak yang bisa menikmati, dan terus terjadi peningkatan kualitas SDM kita.

“Tadi Pak Wapres kaget, duitnya banyak. Saya bilang belum, masih akan banyak lagi. Dananya dipelihara dalam bentuk investasi baik surat berharga negara, deposito, obligasi,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Data yang dikumpulkan Sabtu (16/3/2019), menyebutkan, telah diseleksi sebanyak 20.255 penerima beasiswa LPDP (awardee). Sebanyak 9.881 sedang belajar, dan 7.108 sudah selesai atau menjadi alumni. Masih ada 3.266 dalam proses menunggu keberangkatan. ***

 

Check Also

KPK Tetapkan Direktur Utama PLN Tersangka Kasus Suap Proyek PLTU Riau-1
Sofyan Basir beberapa kali membantah menerima janji fee dari proyek PLTU Riau-1, yang dikerjakan pengusaha Johanes Kotjo

EmitenNews.com – KPK menetapkan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir sebagai tersangka kasus suap Proyek …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login to chat with other users!
WhatsApp chat