#
Kota Semarang. Angka aktif covid-19, di Kota Semarang, Jawa Tengah, tertinggi se-Indonesia membuat Kepala Dinas Kesehatan setempat Abdul Hakam kaget. Pasalnya, jumlah penderita infeksi virus corona di Kota Semarang, masih jauh di bawah angka 2000 kasus. (Dok. EmitenNews.com/Nasir).

Kadis Kesehatan Semarang Kaget Angka Aktif Covid-19 di Kotanya Tertinggi se-Indonesia

EmitenNews.com – Angka aktif covid-19, di Kota Semarang, Jawa Tengah, tertinggi se-Indonesia membuat Kepala Dinas Kesehatan setempat Abdul Hakam kaget. Pasalnya, jumlah penderita infeksi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) di Kota Semarang, masih jauh di bawah angka 2000 kasus.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (2/9/2020), Abdul Hakam menyebutkan, berdasarkan data infocovid Semarang, tidak demikian. Ia mengatakan, sampai saat ini kasus aktif covid di Semarang masih jauh di bawah 2000.

Berdasarkan data dari siagacorona.semarangkota.go.id, Selasa (1/9/2020), pukul 20.30 WIB kasus aktif Covid-19 di Kota Semarang yaitu 448 kasus. Rinciannya, warga Semarang 317 orang dan warga luar Kota Semarang 131 orang. Data tersebut diambil dari Puskemas, rumah sakit, dan tempat isolasi.

Pihak Pemerintah Kota Semarang sudah berkomunikasi dengan pusat terkait persoalan perbedaan data tersebut. Hakam mengatakan, sudah menginstruksikan kepada tim IT dan segera mengkomunikasikan data tersebut ke pusat data di Kemenkes.

Perbedaan data dengan Provinsi Jawa Tengah, juga sudah dikomunikasikan terkait permasalahan tersebut. Hakam menjelaskan, perbedaan data dengan Provinsi Jateng jumlahnya tidak terlalu banyak. Data Provinsi Jateng sebetulnya tidak begitu jauh jumlahnya.

“Selisihnya cuma 100-an. Kalau masih ada perbedaan itu karena pasti ada data yang tidak realtime. Untuk itu sudah kita komunikasikan dengan Dinkes Jateng,” ujarnya.

Menurut Hakam, selama satu minggu terakhir ini, penambahan jumlah kasus baru Covid-19 di Kota Semarang, relatif stabil. Ada kasus baru, namun tidak banyak dan jumlahnya masih bisa dikendalikan.

Apapun, fakta bahwa masih terjadi penularan virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan; jangan lupa mengenakan masker saat di luar rumah, jaga jarak, dan cuci tangan sesering mungkin. Itu cara ampuh untuk menghindar dari virus corona. ***

 

Check Also

Setelah Kantongi EUA, Penyuntikan Vaksin Covid-19 Siap Dilaksanakan Awal 2021
Bio Farma: pengembangan bersama Sinovac dan transfer teknologi terus dilakukan, setelah Emergency Use Authorization (EUA) oleh BPOM awal Januari 2021 vaksinasi massal dilakukan

EmitenNews.com – Proses penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan awal Januari 2021. Vaksinasi dijalani setelah vaksin mengantongi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: