#

Laba Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) Melonjak 380 Persen di Kuartal I 2020

EmitenNews.com- Perusahaan angkutan laut PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) mencatatkan laba bersih sebesar USD19,7 juta pada kuartal I 2020, atau naik 380,1 persen dibanding kuartal I 2019, yang tercatat sebesar USD4,1 juta.

Hal itu ditopang dengan kenaikan pendapatan menjadi USD43,1 juta, atau naik 84,18 persen dibanding kuartal I 2019, yang tercatat sebesar USD23,4 juta.

Menurut Direktur Utama BULL, Wong Kevin, bahwa capaian kinerja itu didorong oleh penambahan 13 kapal tanker yang memiliki kapasitas besar sehingga memiliki marjin lebih tinggi dan peningkatan bisnis dari pasar internasional dengan marjin lebih tinggi.

“Secara keseluruhan, kapasitas tonase efektif armada meningkat dari 875.142 DWT menjadi 1.716.107 DWT, sebuah peningkatan sebesar 96,1 persen. Jumlah kapal tanker meningkat dari 17 kapal menjadi 30 kapal,” papar Kevin di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Ia menambahkan, pada saat yang bersamaan, rata-rata pendapatan Time Charter Equivalent (TCE) untuk semua segmen kapal tanker BULL meningkat dikarenakan diversifikasi usaha BULL merambah pasar internasional.

“Dalam 20 tahun terakhir, rata-rata pendapatan TCE untuk segmen kapal tanker utama BULL di pasar internasional adalah 52 persen lebih tinggi dari pasar domestik. Saat kuartal pertama tahun 2019, sekitar 20 persen pendapatan TCE BULL adalah berasal dari pasar internasional,” jelas dia.

Kedepan, kata dia, kinerja perseroan akan terus meningkat Karena produsen minyak global tidak dapat mengurangi produksi dengan cepat, sementara permintaan/konsumsi minyak menurun dengan tajam.

“Ini berarti semakin banyak minyak yang harus disimpan setiap hari, sehingga mengakibatkan fasilitas penyimpanan/kilang minyak di darat semakin penuh. Hal ini menciptakan permintaan yang besar untuk penyimpanan terapung pada kapal tanker minyak, seperti kapal tanker milik BULL,” urai dia.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa saat ini sudah terjadi lonjakan tingkat harga sewa hingga USD173.000/hari untuk kapal tanker ukuran LR2 dan USD73.000/hari untuk kapal tanker ukuran handy-size, tingkat harga sewa tertinggi dalam sejarah.

“Ini telah menghasilkan tingkat harga sewa rata-rata TCE untuk BULL pada kuartal kedua 2020 yang jauh lebih tinggi daripada kuartal pertama 2020 dan akan mendorong pendapatan dan laba pada kuartal kedua 2020,” jelas dia.

Check Also

Tarif Sewa Naik, Buana Lintas Lautan (BULL) Prediksi Laba Naik 3 Kali Lipat di Tahun Ini
Hasil yang lebih baik ini disebabkan oleh pertumbuhan armada yang berkelanjutan pada kuartal kedua tahun 2020.

EmitenNews.com- Perusahaan yang bergerak di bidang Jasa perkapalan, Pelayaran,pengangkutan, Penyediaan awak kapal laut dan Usaha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: