#
Lewat program WAH (Workout at Home) Menpora Zainudin Amali (depan) mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga, meski di tengah pandemi virus corona. Program yang digagas Asisten Deputi Olahraga Pendidikan di Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora itu, memperagakan gerakan latihan kekuatan fisik (conditioning) untuk meningkatkan imunitas yang bisa dilakukan saat di rumah. (Dok. Kemenpora.go.id).

Lewat Program WAH Menpora Ajak Masyarakat Tetap Aktif Berolahraga di Tengah Pandemi Covid-19
"Latihan ini sangat diperlukan untuk melatih otot tubuh dan meningkatkan imunitas. Ayo kita WAH (Workout at Home) atau latihan olahraga di rumah saja. Ayo olahraga di rumah saja," kata Zainudin Amali

EmitenNews.com – Lewat program WAH (Workout at Home) Menpora Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga, meski di tengah pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19). Program yang digagas Asisten Deputi Olahraga Pendidikan di Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora itu, memperagakan gerakan latihan kekuatan fisik (conditioning) untuk meningkatkan imunitas yang bisa dilakukan saat di rumah.

“Wabah penyakit bisa datang kapan saja tanpa diduga. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan dan kebugaran. Bagi para atlet muda dan adik-adik yang suka berolahraga, ayo kita manfaatkan kesempatan untuk tetap berolahraga di rumah saja dengan latihan kekuatan atau conditioning,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam keterangannya yang dikutip dari laman resmi Kemenpora.go.id, Selasa (23/6/2020).

Gerakan tersebut cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Jadi, bukan hanya oleh atlet professional yang bisa melakoni olahraga ini. Siapa pun dapat dengan mudah mengikuti gerakan WAH yang ditayangkan Kemenpora di platform YouTube dan Instagram.

“Latihan ini sangat diperlukan untuk melatih otot tubuh dan meningkatkan imunitas. Ayo kita WAH (Workout at Home) atau latihan olahraga di rumah saja. Ayo olahraga di rumah saja,” sambung Zainudin Amali.

Demi memfasilitasi maksimal masyarakat mengikuti program WAH, Kemenpora pun melibatkan sejumlah atlet dan tokoh. Salah satunya adalah Ahmad Atthalah Araihan, kapten Timnas sepak bola Indonesia U-16 yang memandu gerakan latihan kekuatan tersebut.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan WAH merupakan video tutorial latihan ringan yang lengkap. WAH memberikan edukasi dan bimbingan bagaimana dosis latihan yang tepat, disesuaikan dengan kondisi New Normal.

“Latihan menjaga kondisi fisik bagi para atlet, baik untuk anak-anak muda berbakat yang selama ini tergabung di SSB, akademi, maupun klub-kulb olahraga lainnya saat menghadapi pandemi Covid-19 seperti ini sangat penting dilakukan,” kata Raden Isnanta.

Raden Isnanta berharap video tutorial itu membantu para atlet muda dalam menjaga kondisi fisiknya yang pada akhirnya nanti saat bebas pandemi Covid-19 kembali latihan lagi di SSB dan klub masing-masing dalam kondisi fisik masih terjaga baik. “Selamat berlatih.”

Latihan conditioning biasanya terdiri atas beberapa gerakan dasar olahraga. Mulai dari stretching, push up, plank dan beberapa gerakan lain. Gerakan tersebut disarankan dilakukan delapan hitungan setiap sesi. Serta dilakukan minimal dua kali repetisi dalam sekali latihan, dan disarankan berlatih tiga hingga lima kali dalam seminggu.

Bagi siapapun yang penasaran dengan gerakan latihan WAH, jangan khawatir. Videonya dapat diakses di YouTube serta Instagram Kemenpora, Pora Bugar dan Menoreh TV.

Pasangan mantan legenda bulu tangkis Tanah Air, Susy Susanti dan Alan Budikusuma juga turut serta di program ini. Susy dan Alan mengingatkan untuk tetap melakukan tahapan wajib sebelum melakukan Workout at Home. Antara lain, mengecek kondisi tubuh sebelum berolahraga. Jangan lupa melakukan tahapan pemanasan dan pendinginan di antara gerakan latihan inti.

“Dengan WAH (Workout at Home) atau latihan olahraga di rumah, kita dapat meningkatkan imunitas. Salah satunya adalah latihan olahraga fisik atau conditioning,” ujar Susy.

Alan juga mengingatkan, agar sebelum berolahraga, wajib mengukur denyut nadi terlebih dahulu, bisa di pergelangan tangan kita. “Semua tahapan juga harus dilakukan, dari pemanasan, latihan inti, hingga pendinginan.” ***

Check Also

Apresiasi Tinggi untuk Kemenpora atas Pencapaian Status Opini WTP dari BPK
Status WTP menunjukkan kinerja Kemenpora di bawah Menteri Zainudin Amali menuju arah lebih baik. Kemenpora bangkit dan menerima opini WTP yang dinantikan dalam 10 tahun terakhir

EmitenNews.com – Apresiasi tinggi untuk Kementerian Pemuda dan Olahraga atas status opini Wajar Tanpa Pengecualian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: