#
Artis Ayu Ting Ting terpaksa memutar balik kendaraannya ketika akan memasuki kawasan Kota Bogor, Sabtu (6/2/2021). Penyanyi dangdut itu, diminta memutar arah karena mobil Mini Cooper yang dikendarainya bernopol ganjil. (Dok. Pemkot Bogor/Detiknews).

Long Weekend Imlek 2021, Akankah Efek Ayu Ting Ting Kembali Sukses Batasi Pendatang ke Bogor?
Waktu libur bertepatan dengan perayaan Imlek 2572 itu, potensi peningkatan lalu lintas terbuka lebar, yang dikhawatirkan berdampak pada penyebaran virus corona di Kota Hujan itu

EmitenNews.com – Jelang libur akhir pekan bertepatan dengan perayaan Tahun Baru China 2021 atau Imlek 2572, Jumat (12/2/2021), Pemerintah Kota Bogor membatasi pendatang. Dipastikan penerapan aturan ganjil-genap nomor kendaraan bermotor, akhir pekan ini tetap diperketat. Waktu libur bertepatan dengan perayaan Imlek 2572 itu, potensi peningkatan lalu lintas terbuka lebar, yang dikhawatirkan berdampak pada penyebaran virus corona di Kota Hujan itu. Pekan lalu, Sabtu (6/2/2021), penyanyi Ayu Ting Ting melanggar, diminta tinggalkan Kota Bogor.

“Pekan ini ada long weekend, yakni hari libur Imlek pada Jumat (12/2/2021), sehingga penjagaannya harus lebih maksimal,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto seperti dikutip Kamis (11/2/2021).

Bima menjelaskan, Pemerintah Kota Bogor memberlakukan pembatasan itu dengan sasaran menekan penularan virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau Covid-19. Pasalnya, tren kasus positif covid-19 terus naik beberapa waktu belakangan ini.

Sebagai kota penyangga ibu kota, Kota Bogor adalah bagian tidak terpisahkan dari DKI Jakarta, sehingga tidak bisa melarang warga lain ke Bogor. Namun, untuk mengurangi penularan virus yang dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, di Kota Bogor, salah satu opsinya, memberlakukan kebijakan aturan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor.

Pemerintah Kota Bogor menyiapkan Pos Sekat, sebagai tempat pemeriksaan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua, yang memasuki Kota Bogor di enam lokasi. Antara lain Pos Sekat dekat gerbang Baranangsiang, Simpang Yasmin, Bubulak, Gunung Batu, POMAD, dan Pos Sekat Simpang Ciawi.

Bima juga menyebut bahwa penerapan ganjil genap di wilayah terkait pekan lalu berhasil terealisasi secara optimal. Buktinya, jumlah kendaraan bermotor yang masuk Kota Bogor berkurang. Menurut data PT Jasa Marga, jumlah kendaraan roda empat yang masuk Kota Bogor melalui tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Baranangsiang, minggu lalu turun 8.082 unit dibanding akhir pekan sebelumnya.

Dengan data itu, Bima Arya menarik kesimpulan, kebijakan aturan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor yang diterapkan Pemerintah Kota Bogor berhasil. Warga mematuhinya. Tinggal lagi kita menunggu seberapa besar kebijakan ganjil-genap kendaraan bermotor roda dua, dan roda empat itu, berhasil menekan laju perkembangan virus corona.

Bagi para pengendara yang melanggar ketentuan ganjil genap itu, dipersilahkan balik kanan, dan meninggalkan Kota Bogor. Artis Ayu Ting Ting terpaksa memutar balik kendaraannya ketika akan memasuki kawasan Kota Bogor, Sabtu (6/2/2021). Penyanyi dangdut itu, diminta memutar arah karena mobil Mini Cooper yang dikendarainya bernopol ganjil.

Tak ayal Wali Kota Bima Arya mengklaim kebijakan ganjil genap yang dilaksanakan pada Sabtu (6/2/2021) dan Minggu (7/2/2021) berhasil mengurangi mobilitas warga. Selain kuatnya dukungan TNI dan Kepolisian dalam pengawasan ganjil genap itu, kata politikus PAN itu, Ayu Ting ting efect juga membuat sosialisasi ganjil genap tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Ayu Ting Ting kepada wartawan mengaku tidak masalah dengan kebijakan itu. Ia mengaku menghargai aturan yang diterapkan untuk mengatasi pandemi virus corona. Ibu beranak satu ini juga meminta maaf kepada Wali Kota Bima Arya, seraya berjanji mentaati aturan yang ada. ***

Check Also

Rangsang Peneliti Covid-19, Kalbe Farma (KLBF) Siapkan Rp 1,5 Miliar

EmitenNews.com – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: