#
Direktur Utama Majoris Zulfa Hendri bersama Dirut BEI Inarno Jajadi serta Kepala Eksekuti Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen (kanan) ketika membuka perdagangan saham dalam rangka peluncuran dan Pencatatan Perdana Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia (XMIG) di Bursa Efek Indonesia Kamis (25/7). (Foto:Romys)

Majoris Asset Management Luncurkan Reksadana Indeks Pefindo I Grade ETF

EmitenNews.com – PT Majoris Asset Management (Majoris) meresmikan peluncuran dan Pencatatan Perdana Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia (XMIG) di Bursa Efek Indonesia. Reksa Dana ini telah mendapatkan surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 12 Juli 2019 lalu.

Direktur Utama Majoris Zulfa Hendri menjelaskan, Peluncuran Reksa Dana ini diharapkan akan semakin memperkuat posisi Majoris sebagai Manajer Investasi di Indonesia dengan spektrum produk lengkap, untuk semakin mendukung pertumbuhan industri Reksa Dana di Indonesia.

Reksa Dana ini menggunakan Indeks Pefindo I-Grade yang diterbitkan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sebagai indeks acuan dengan pendekatan investasi pasif, sehingga diharapkan dapat memberikan potensi hasil investasi yang setara dengan kinerja Indeks Pefindo I-Grade.

“Adapun kebijakan investasi dari Reksa Dana ini adalah 80-100 persen pada Efek bersifat Ekuitas yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia serta terdaftar dalam Indeks Pefindo I-Grade dan 0-20% pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau deposito,” ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (25/7).

Menurutnya, pemilihan Indeks Pefindo I-Grade sebagai indeks acuan Reksa Dana ETF ini didasari oleh kinerja Indeks Pefindo I-Grade yang baik dan outperformed apabila dibandingkan dengan indeks lainnya yang tersedia di Bursa.

Untuk mendukung penggunaan indeks ini, Majoris menjalin kerjasama dengan PT Mandiri Sekuritas yang berperan sebagai Dealer Partisipan dan PT Bank Central Asia Tbk sebagai Bank Kustodian.

Zulfa menuturkan, dengan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menjanjikan di jangka pendek dan panjang, kami melihat pasar saham Indonesia menawarkan potensi imbal hasil yang sangat menarik.

“Sehingga investor bisa mempertimbangkan ETF ini sebagai pilihan yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan investasinya,” ucapnya.

Sebab, kata dia, Saham-saham yang membentuk indeks Pefindo adalah saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki peringkat Investment Grade sehingga memiliki tingkat risiko yang telah terukur dan potensi pertumbuhan yang baik.

“Investor yang ingin melakukan pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia, dapat membeli Unit Penyertaan Reksa Dana Indeks Majoris Pefindo I-Grade ETF Indonesia dalam satuan Unit Kreasi (1 Unit Kreasi = 100.000 Unit Penyertaan) melalui PT Mandiri Sekuritas sebagai Dealer Partisipan, atau pihak lain melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bursa Efek Indonesia,” jelasnya. (Romys)

Check Also

Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) Catat Kenaikan Laba 29,78 Persen

EmitenNews.com – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mencatat pertumbuhan laba periode berjalan yang dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *