#
Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. (Dok. Detiknews).

Mantap Sudah Gibran Putra Jokowi Pimpin Solo dengan Program Andalan Kombinasi Blusukan Online
Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota nanti akan mulai menerima tamu jam 06.00 WIB, lalu pukul 07.00 berangkat ke Bali Kota. Setiap Jumat ia akan berkeliling perkampungan

EmitenNews.com – Mantap sudah Gibran Rakabuming Raka menjalankan perannya sebagai Wali Kota Solo. Bersama wakilnya, Teguh Prakosa, putra Presiden Joko Widodo itu, akan memimpin Kota Solo periode 2021-2026, wilayah yang dulu dipimpin Jokowi 28 Juli 2005-1 Oktober 2012. Dengan modal 86 persen suara saat memenangkan Pilkada Serentak 2020, duet Gibran-Teguh akan menjalankan program andalan, kombinasi blusukan online. Apakah itu?

Sebagai wali kota terpilih dengan suara mayoritas, Gibran mengaku sudah mantap dengan sejumlah program yang akan dijalankannya. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku beberapa di antaranya kelanjutan dari program-program Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (10/2/2021), saat memimpin Solo nanti, Gibran mengaku akan mengombinasikan antara blusukan online dan tatap muka langsung untuk berinteraksi dengan warga. Cara tersebut juga ia lakukan saat berkampanye dalam Pilkada 2020.

“Iya kombinasi. Kemarin waktu kampanye kan juga kombinasi. Ada yang lewat virtual, ada yang saya turun langsung. Pokoknya kombinasi,” jelas Gibran.

Gibran memaparkan, blusukan online dipilihnya karena efektif mencegah kerumunan. Pasalnya, saat ini masih dalam masa pandemi virus corona penyebab coronavirus disease 2019 atau Covid-19. Lewat cara tersebut, ayah dua anak ini, memastikan tetap bisa berkomunikasi dengan masyarakat meski

Ayah Jan Ethes Srinarendra itu juga bakal mengadakan Mider Projo, yang sebelumnya telah dijalankan Wali Kota Hadi Rudyatmo. Dalam program yang digelar tiap Jumat pagi itu, Wali Kota Solo dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) berkeliling perkampungan bersepeda untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Mider Projo dilanjutkan itu otomatis. Jadi kebiasaan baiknya Pak Rudy pasti saya lanjutkan,” ucap Gibran.

Gibran telah berkoordinasi dengan Bagian Umum Sekretariat Daerah Solo mengenai kebiasaan Rudy (sapaan F.X. Hadi Rudyatmo) selama menjabat Wali Kota. “Saya sudah berkoordinasi dengan Bagian Umum. Pertanyaan paling awal saya, apa kebiasaan Pak Rudy. Pak Rudy bangun jam berapa, menemui tamu jam berapa. Saya lihat jadwal beliau mulai menemui tamu jam 6.”

Karena Rudy mulai menemui tamu pada pukul 6 pagi, Gibran meminta Bagian Umum Setda Solo tidak mengubah jadwal itu. “Saya tegaskan jadwalnya jangan diubah. Kalau Pak Rudy sudah terbiasa menemui tamu jam 6, saya otomatis harus menyamakan jam 6 juga. Jam 7 berangkat Balai Kota. Harus disamakan semua.”

Nantinya, saat memimpin Kota Solo, suami Selvi Ananda ini didampingi Wakil Wali Kota Teguh Prakosa. Pasangan Gibran-Teguh yang diusung PDI Perjuangan itu ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Solo sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo terpilih dalam rapat pleno terbuka di Swiss-Bellin Saripetojo Hotel Solo, Kamis (21/1/2021).

Tetapi, sejauh ini Kementerian Dalam Negeri belum menjadwalkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Di satu sisi, masa jabatan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo akan berakhir 17 Februari 2021.

“Kita masih menunggu kepastian jadwal pelantikan sampai hari Kamis besok,” ujar Rudy, sapaan wali kota, Selasa (9/2/2021).

Rudy menyebutkan, jika masa jabatannya habis dan belum ada kepastian jadwal pelantikan, Pemkot Solo akan mengambil keputusan mengangkat Plh (Pelaksana Harian). “Kalau pada 7 hari masa jabatan wali kota dan wakil wali kota akan berakhir dan belum ada rencana pelantikan, akan ditunjuk Plh. Untuk jabatan Plh yang melantik nanti gubernur.” ***

Check Also

Beli 1.000 GeNose, Wali Kota Makassar Terpilih Siap Perang Lawan Covid-19
Danny Pomanto anggarkan ratusan miliar untuk pembelian alat deteksi virus corona buatan para ahli dari UGM. Program lawan covid-19 yang diklaim orisinil siap digulirkan

EmitenNews.com – Mohammad Ramdhan Pomanto mencanangkan perang terhadap covid-19. Wali Kota Makassar terpilih 2021-2024 itu, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: