#
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/6/2020)., Menkes bakal melakukan evaluasi pelaksanaan di lapangan, agar protokol pencegahan covid-19 di Jatim dipatuhi masyarakat. (Dok. Suara Surabaya).

Mari Kita Tunggu Aksi Menteri Kesehatan dalam Mengurai Masalah Tingginya Kasus Covid-19 di Jatim
Dokter Terawan Agus Putranto menguraikan protokol kesehatan adalah hal penting. Ia berharap hal itu bisa menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam menjalani setiap aktivitas

EmitenNews.com – Mari kita tunggu aksi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam mengurai pokok permasalahan tingginya kasus positif virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Jawa Timur. Pensiunan jenderal bintang tiga itu berjanji mengatasi terus melonjaknya jumlah penderita infeksi virus corona di wilayah Gubernur Khofihah Indar Parawansa itu.

Saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/6/2020), Menkes Terawan mengatakan, pokok persoalan tingginya penderita infeksi virus yang konon berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, penegakan protokol kesehatan. Ia bakal melakukan evaluasi pelaksanaan di lapangan, agar protokol pencegahan covid-19 tersebut di Jatim dipatuhi masyarakat.

“Kalau karena protokol kesehatan ya protokol kesehatannya harus terus didisiplinkan masyarakatnya, supaya bisa mengurangi angka tertular. Itu sangat penting, preventif promotif dari protokol kesehatan,” ujarnya.

Dokter Terawan menguraikan protokol kesehatan adalah hal penting. Ia berharap hal itu bisa menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam menjalani setiap aktivitas. Protokol kesehatan itu, harus sudah menjadi budaya. “Harus melekat di hati sanubari penduduk, kala melaksanakan protokol kesehatan baik di lingkungan tempat tinggal, di lingkungan bekerja, di rumah sakit juga harus protokol kesehatan.”

Dalam beberapa hari terakhir, jumlah kasus positif virus corona di Jatim selalu tinggi. Selasa (23/6/2020), telah melebihi 10 ribu penderita. Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, seperti disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, kasus positif di Jawa Timur pada Selasa (23/6) tercatat sebanyak 10.115 orang.

Jumlah itu membuat kasus positif di Jatim hanya selisih 135 dari DKI Jakarta, wilayah yang selama ini bertengger di posisi pertama jumlah terbanyak penderita infeksi virus corona. Data yang sama menunjukkan, jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta sebanyak 10.250.

Sementara itu, berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, kasus kumulatif corona di provinsi ini mencapai 10.092. Dari jumlah itu 6.115 pasien masih dirawat, 753 pasien meninggal dunia dan 2.995 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

Rabu (24/6/2020), kurva kasus positif virus corona di Indonesia naik menjadi 49.009 orang. Jumlah ini berdasarkan data pemerintah pusat hingga Rabu siang, baik tes real time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) maupun Tes Cepat Molekuler (TCM). “Terdapat 21.233 spesimen yang diperiksa per hari ini, sehingga total spesimen yang diperiksa sebanyak 689.492,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto saat menyampaikan perkembangan kasus Corona di Graha BNPB Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Kata Yuri, terdapat tambahan kasus baru konfirmasi covid-19 positif 1.113 orang, sehingga totalnya 49.009 kasus. Menurut pejabat Kementerian Kesehatan itu, Jawa Timur masih menjadi provinsi terbanyak yang menyumbangkan kasus baru, kemarin. Yaitu 183 kasus dan sembuh 80 pasien. Posisi kedua DKI Jakarta dengan tambahan kasus 157 orang dan sembuh 94 pasien. Posisi ketiga Sulawesi Selatan dengan kasus baru 132 kasus dan pasien sembuh 39 orang.

Melihat trend yang ada, baiklah kita tunggu seperti apa langkah-langkah konstruktif Menteri Keseharan Terawan Agus Putranto dalam menangani tingginya lonjakan kasus covid-19 di Jawa Timur. ***

 

Check Also

Kasus Covid-19 di Indonesia Jumat Ini Kembali Bertambah di Atas 4 Ribuan Penderita
Penting diingatkan, semua kalangan harus makin menyadari pentingnya menggunakan masker walaupun di rumah. Terutama jika ada anggota keluarga yang rentan tertular virus corona

EmitenNews.com – Kasus positif virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) kembali bertambah di atas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: