#
Ilustrasi UMKM makanan. Kementerian Koperasi dan UKM masih membuka pendaftaran untuk penerima Banpres Produktif hingga Desember 2020. Bantuan Rp2,4 juta bagi masing-masing pelaku UMKM terdampak pandemi virus corona itu ditargetkan diberikan pada total 12 juta penerima. (Dok. MNews.co.id).

Masih Tersedia 2,9 Juta Kuota Tambahan BLT UMKM yang akan Disalurkan Kementerian Koperasi
Program Banpres Produktif Usaha Mikro Rp2,4 juta bagi masing-masing pelaku UMKM terdampak pandemi virus corona  itu, ditargetkan diberikan pada total 12 juta penerima

EmitenNews.com – Masih tersedia 2,9 juta kuota tambahan Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM masih membuka pendaftaran untuk penerima Bantuan Presiden Produktif hingga Desember 2020. Bantuan Rp2,4 juta bagi masing-masing pelaku UMKM terdampak pandemi virus corona  itu ditargetkan diberikan pada total 12 juta penerima.

Dalam keterangannya kepada pers, Rabu (28/10/2020), Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M. Riza Damanik mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan penyaluran bantuan untuk 9 juta penerima awal. Saat ini pencairan bantuan dilanjutkan untuk tahap berikutnya dengan target 3 juta penerima tambahan.

Sebelumnya menurut Riza Damanik, alokasi 9,1 juta pelaku usaha mikro, hingga awal Oktober 2020 telah tersalur sampai 100 persen. Sekarang lanjut ke penyaluran menuju 12 juta, sehingga tersisa 2,9 calon penerima.

Untuk program itu, pemerintah telah mengalokasi Rp28,8 triliun dengan target 12 juta usaha mikro. Per 19 Oktober 2020 telah tersalur 76,31 persen dengan rincian penerima sebanyak 9.157.098 usaha mikro senilai Rp21,977 triliun.

Rencananya, mulai minggu disalurkan kembali kepada 2,9 juta calon penerima BLT UMKM. Harapannya, tersalurkan 100 persen sebelum akhir tahun 2020.

Jadi, bagi para pelaku UMKM yang berminat silakan memanfaatkan program stimulus dari pemerintah itu. Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau, para pelaku UMKM yang belum mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) itu, agar segera mengusulkan usaha mikronya melalui lembaga pengusul yang telah ditetapkan.

Bagi pelaku UMKM yang berminat, dipersilakan mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai domisili. Di beberapa wilayah, ada juga yang membuka pendaftaran online. Informasi ini bisa didapatkan pada dinas masing-masing wilayah. Ada proses seleksi yang harus diikuti. Jika pelaku UMKM dinyatakan berhak mendapatkan bantuan, akan menerima SMS pemberitahuan dari bank penyalur, yakni BNI dan BRI. ***

 

Check Also

Bersiaplah jadi Pemegang Saham Perusahaan Putra Bungsu Presiden Jokowi
"Tunggu tahun depan ya. Doakan semua brand di bawah @hebatofficial bisa dibeli sahamnya oleh masyarakat," kicau Kaesang Pangarep melalui akun Twitter @kaesangp

EmitenNews.com – Bersiaplah menjadi pemegang saham perusahaan Kaesang Pangarep. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: