#
Foto: Tunai Kita/Repro

Masuk Bisnis Fintech, DEFI Ambil Cara Cepat Akuisisi DTK dari KREN
Transaksi Terafiliasi dan Masih Due Diligence

EmitenNews – PT Danasupra Erapacific Tbk (DEFI) memanfaatkan perusahaan terafiliasi sebagai cara cepat untuk memiliki bisnis Financial Technology (Fintech). Perusahaan bagian dari Kresna group itu akan mengakuisisi PT Digital Tunai Kita (DTK).

Presiden Direktur DEFI, Odang Muchtar, mengumumkan pihaknya saat ini dalam proses finalisasi atas Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBSB) untuk membeli DTK. ”Menunggu hasil due diligence yang sedang berlangsung dan pemenuhan segala peraturan dan perundangan yang berlaku,” ungkapnya dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini (07/03).

PJBSB dilakukan antara DEFI dengan PT Kresna Usaha Kreatif (KUK yang merupakan anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) dan PT JAS Kapital.

DEFI sendiri merupakan perusahaan afiliasi KREN. Dalam laporan keuangan per 30 September 2017 disebutkan bahwa KREN memiliki 9,76 persen saham DEFI. Selain itu ada PT Asuransi Jiwa Kresna (11,33 persen) dan PT Asuransi Kresna Mitra Tbk (8,18 persen).

DTK sendiri merupakan Fintech yang baru berdiri pada Januari 2017. Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan patungan antara WeCash Southeast Asia, JAS Kapital, dan KUK.

DTK adalah perusahaan teknologi yang menggunakan prinsip-prinsip finansial, teknologi mobile, big data, dan machine learning untuk mengevaluasi kredit dan menyetujui pinjaman supaya lebih cepat dan berkualitas.

Di Indonesia, DTK beroperasi di bawah kerangka perundang-undangan POJK/77 tentang peer-to-peer lending. Cara kerjanya mengolaborasikan platform teknologi dari WeCash dan pengalaman di sektor finansial oleh JAS Kapital dan Kresna.

DTK didirikan oleh James Chan dan Andry Huzain. James sendiri saat ini menjadi Managing Director Wecash (Southeast Asia) Pte Ltd dan Chief Strategy Officer Wecash Group.

Wecash sendiri berpusat di Beijing, Tiongkok. Memiliki sekitar 500 karyawan tersebar di Tiongkok, AS, Brazil, Singapura, dan Indonesia.

Check Also

KB Bukopin (BBKP) Bayar Bunga Obligasi Rp38,63 Miliar

EmitenNews.com- PT KB Bukopin Tbk (BBKP) menyampaikan pihaknya telah melakukan pembayaran bunga ke-16 Obligasi Subordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: