#
Ilustrasi tenaga kerja lokal. Selasa (7/7/2020), Menaker Ida Fauziyah ke Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi. Ia berkoordinasi dengan Menko Luhut Binsar Pandjaitan tentang upaya memanfaatkan tenaga kerja lokal dari investasi yang masuk ke Indonesia. (Dok. Pikiran Rakyat).

Menaker Soroti Investasi Rp20 Triliun PT BAI di Bintan Agar Gunakan Pekerja Lokal
Menteri Ida Fauziyah menemui Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berkoordinasi tentang upaya memanfaatkan tenaga kerja lokal dari investasi yang masuk ke Indonesia

EmitenNews.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyoroti upaya PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) yang hendak berinvestasi Rp20 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. PT BAI membutuhkan sekitar 500 orang tenaga kerja asal China untuk mempercepat penyelesaian proyek PLTU dan pabrik smelter di wilayah itu. Menaker ingin agar investasi asing utamakan tenaga kerja lokal.

Selasa (7/7/2020), secara khusus Menaker Ida Fauziyah ke Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi. Ia berkoordinasi dengan Menko Luhut Binsar Pandjaitan tentang upaya memanfaatkan tenaga kerja lokal dari investasi yang masuk ke Indonesia.

Politikus PKB itu menginginkan agar masuknya investasi luar dan tenaga kerja asing sekaligus ada transfer ilmu kepada para pekerja lokal dalam bentuk pemagangan. Ida mendorong dan meminta peningkatan kompetensi untuk calon pekerja bagi perusahaan-perusahaan itu. Ada kesempatan pemagangan dari beberapa calon pekerja.

Menteri Ida mengatakan, meminta lebih banyak lagi kesempatan magang bagi para tenaga kerja lokal. Mantan anggota Fraksi PKB DPR RI itu, menginginkan ketika investasi itu sudah masuk, tenga kerja lokal benar-benar sudah siap. Ia mengatakan, sudah menyampaikan hal itu ke Menko Luhut.

“Di investasi China misalnya, sudah banyak yang disiapkan, agar ketika perusahaan mulai beroperasi, saya minta politekniknya ditingkatkan. Saya mem-push BLK untuk menyiapkan SDM kita,” ujarnya di Gedung Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (7/7/2020). ***

Check Also

Subsidi Gaji Tahap IV Hari Ini Ditransfer ke Rekening 2,8 Juta Pekerja
Pemerintah menganggarkan Rp37,7 triliun untuk bantuan subsidi gaji dengan target penyaluran 15,7 juta pekerja swasta dan pegawai honorer berpenghasilan di bawah Rp5 juta

EmitenNews.com – Bantuan subsidi gaji tahap IV hari ini, Selasa (22/9/2020) ditransfer ke rekening 2,8 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: