#

Meneropong Saham Bank di 2017

Topsaham- Tahun 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan buat industri keuangan, khususnya perbankan. Berbagai masalah menerpa sektor ini mulai dari keinginan pemerintah menekan bunga kredit menjadi single digit, penurunan penyaluran kredit dan kualitas kredit, hingga sentimen dari luar seperti efek Brexit dan kenaikan suku bunga AS.

Sehingga tak sedikit banyak bank-bank yang mulai melakukan pencadangan di tahun ini, seiring antisipasi kualitas kredit yang memburuk.

Namun apakah aksi pencadangan yang dilakukan perbankan ini merupakan pertanda “lampu kuning” buat investor akan kinerja Saham Bank kedepan?

Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia, Haryajid Ramelan, mengatakan pencadangan memang perlu dilakukan, karena bank harus menekan potensi kredit macet, serta fokus dalam upaya perbaikan dalam kualitas kredit.

Sehingga secara jangka panjang saham-saham bank khusus bank BUMN masih potensial untuk di koleksi.

Terlebih, Bank selalu menghasilkan laba dan memberikan dividen setiap tahunnya.

“Menurut saya BRI dan Mandiri masih bagus,” kata Haryajid di acara diskusi meneropong prospek saham perbankan 2017.

Dikesempatan yang sama, Senior Investment Samuel Asset Management Joseph Pangaribuan mengungkapkan bank-bank dalam beberapa tahun sendiri mengalami banyak tantangan.

Keoptimisan perbankan akan kondisi perekonomian membuat bank agresif dalam melakukan ekspansi bisnis, khususnya dalam hal penyaluran kredit.

Padahal, sejak tahun 2010 kondisi ekonomi global sedang kurang positif. Hal inilah yang membuat banyak bank tertekan dari sisi NPL.

Kendati demikian Ia melihat secara jangka panjang saham bank masih positif, asalkan bank tetap konsen dalam melihat pertumbuhan ekonomi kedepan.

“Bank di Himbau menyesuaikan ekspansi sesuai kondisi ekonomi. Jangka panjang masih oke, tinggal tantangan perbankan saat ini literasi saja harus terus ditingkatkan kepada masyarakat,” pungkasnya

Check Also

Menteri Keuangan Ingatkan para Youtuber agar Taat Bayar Pajak

EmitenNews.com – Para Youtuber taatlah dalam membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: