#
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Dok. ProfilBos).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Minta Maskapai tidak Menang Sendiri
Menteri LBP menunggu hasil evaluasi dari setiap perusahaan penerbangan untuk menurunkan harga tiket April 2019

EmitenNews.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta pihak maskapai penerbangan tidak menang sendiri. Untuk itu, mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menunggu hasil evaluasi tarif dari setiap perusahaan penerbangan, April ini. Sebelumnya, ia telah mendesak maskapai mengevaluasi, dan menurunkan tarif tiket pesawat.

“Mereka kami sudah berita tahu, hei ini sudah turun. Harga avtur turun, masa kamu tetap mau menaikkan tiket, yang benar saja dong. Jangan menang sendiri,” kata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan kepada pers, di kantornya Senin (1/4/2019).

Sejauh ini memang masih mengeluhkan harga tiket yang mahal. Padahal, seperti diungkap LBP, PT Pertamina (Persero) telah menurunkan harga avtur, Sabtu (16/1/2019) Rp250 per liter dari Rp8.210 menjadi Rp7.960 agar tarif tiket pesawat bisa ditekan.

Karena itulah, Luhut menagih janji pihak maskapai menyerahkan hasil evaluasinya, dan menurunkan harga tiket pesawat. Janjinya April 2019 ini. Untuk itu, pria kelahiran 28 September 1947 itu akan menanyakan kepada pihak airline dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kementerian Perhubungan juga sudah mengeluarkan aturan main baru untuk penentuan tarif tiket penerbangan domestik. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri demi mengatasi permasalahan harga tiket pesawat yang tinggi.

Aturan baru itu menggantikan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Menhub Budi Karya juga mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Poin penting dari kedua aturan tersebut mengubah tarif batas bawah tiket pesawat dari semula sebesar 30 persen dari tarif batas atas menjadi 35 persen.

Sementara itu, Lion Air Group telah mengumumkan menurunkan harga tiket mulai Sabtu (30/3/2019). Tarif baru tiket pesawat Grup Lion itu, berlaku untuk semua maskapai Lion Air Grup. Antara lain Lion Air dengan kode penerbangan JT, Wings Air dengan kode penerbangan IW, dan Batik Air dengan kode penerbangan ID.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penurunan harga tiket bervariasi sesuai rute penerbangan, karena antarrute memiliki perbedaan. ***

 

Check Also

BKN Buka Penerimaan CPNS Setelah Presiden-Wapres 2019-2024, Joko Widodo-Ma’ruf Amin Dilantik
Kuota calon Aparatur Sipil Negara untuk 2019 sebanyak 100 ribu orang, dan pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja 75 ribu orang

EmitenNews.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *