#

Multipolar (MLPL) Borong Empat Perusahaan Terafiliasi Rp545,97 Miliar

EmitenNews.com- Perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, industri informatika, perdagangan umum termasuk perdagangan impor, ekspor, interinsulair, lokal dan retail (eceran) PT Multipolar Tbk (MLPL) bersama anak usahanya, PT Prima Cakrawala Sentosa (PCS) akan melakukan pembelian terhadap empat perusahaan terafiliasi dengan total nillai transaksi sebesar Rp545,97 miliar.

Baa juga: Multipolar (MLPL) Rampungkan Akuisisi PT Multi Prima Sejahtera (LPIN)

 

Berdasarkan laporan yang disampaikan oke BEI  , Kamis (25/6/2020) Chrysologus R.N. sinulingga Corporate Secretary  mengatakan, perseroan akan membeli sebanyak-banyaknya 347.246.400 lembar saham atau 81,71 persen dari total saham PT Multi Prima Sejahtera Tbk (LPIN) yang saat ini dipegang PT Inti Anugerah Pratama (IAP).

“Rencana itu tercantum dalam perjanjian jual beli antara perseroan, PCS dan empat perusahaan tersebut pada tanggal 18 Juni 2020.”

Masih berdasarkan informasi pada keterbukaan itu, disebutkan bahwa Emiten yang memiliki banyak anak usaha yang juga tercatat sebagai emiten itu akan menggelontorkan dana sebesar Rp238,55 miliar untuk menguasai perusahaan yang bergerak dibidang jual beli suku cadang kendaraan bermotor itu.

Selanjutnya, melalui anak usahanya, PCS akan menguasai sebanyak 106.655 lembar saham atau 83% dari total saham PT Anekatrada Indonesia (AI), yang saat ini dipegang IAP.

Rencananya, PCS akan menggelontorkan dana sebesar Rp130,49 miliar untuk menguasai perusahaan properti tersebut.

Pada saat yang sama, PCS juga akan membeli sebanyak 499 juta lembar saham atau 99,8% dari total saham PT Cahaya Citra Permai (CCP), yang saat ini dikuasai IAP.

Untuk itu, PCS menyiapkan dana sebesar Rp86,69 miliar untuk menguasai perusahaan properti tersebut.

Terakhir, PCS juga akan membeli sebanyak 2.344.000 lembar saham atau 46,88% dari total saham PT Tahta Putera Manunggal  (TPM), yang saat ini dipegang oleh IAP.

Untuk itu, PCS akan merogoh koceknya sebesar Rp90,24 miliar guna membeli perusahaan properti itu,

Patut dicatat, jual beli ini tergolong transaksi afiliasi karena dikendalikan oleh pihak yang sama. Tepatnya, Bunjamin J Mailool yang menjabat sebagai Presiden Komisaris pada perseroan dan IAP.

Sebagai tambahan informasi PT Multipolar Tbk (MLPL) memiliki anak usaha yang juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), antara lain: Multipolar Technology Tbk (MLPT) kepemilikan 87 persen, Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) kepemilikan 33 persen dan Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI) kepemilikan 26,47 persen secara langsung dan 65,99 persen tidak langsung  melalui anak usahanya yakni PT Surya Cipta Investama, dimana 50,20 persen saham PT Surya Cipta Investama dimiliki MLPL.

Selain itu, Multipolar Tbk juga memegang 33,76 persen saham First Media Tbk (KBLV) melalui PT Reksa Puspita Karya (anak usaha), Matahari Department Store Tbk (LPPF) kepemilikan 18,18 persen dan Saham Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) melalui PT Prima Cakrawala Sentosa (anak usaha) dengan kepemilikan 19,58 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: