EmitenNews.com - Perusahaan perangkat lunak bisnis, 1Ci, memperkenalkan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) yang telah teruji dan terpercaya siap mendukung UMKM Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam pengembangan, distribusi, dan dukungan perangkat lunak bisnis, perusahaan ERP Rusia itu, mendukung penuh bisnis UMKM di Indonesia.

Dalam rilisnya, Kamis (9/5/2024), Country Manager 1Ci, Dimas Prakoso, mengungkapkan, 1Ci, perusahaan yang didirikan pada tahun 1991, telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri perangkat lunak bisnis. Dengan lebih dari 5 juta pengguna bisnis dan 1,5 juta perusahaan yang terotomatisasi di 25 negara, 1Ci telah membuktikan komitmennya dalam menyediakan solusi efektif dan inovatif bagi pelanggan di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari 1C Company, perusahaan tersebut didirikan pada tahun 2017 dengan fokus pada ekspansi global. Indonesia menjadi pasar kunci di Asia Pasifik bagi 1Ci, meskipun menghadapi tantangan selama pandemi pada tahun 2019. Namun, dengan aktivasi kembali operasinya pada tahun 2022, 1Ci telah berhasil memperluas jangkauan bisnisnya di Jawa dan Kalimantan melalui mitra lokal.

Salah satu produk unggulan 1Ci di Indonesia adalah 1C:Drive, sebuah solusi ERP yang dirancang khusus untuk mengatasi tantangan penyesuaian dan memenuhi kebutuhan bisnis yang unik. Dengan antarmuka bahasa Indonesia yang ramah pengguna, 1C:Drive mencakup berbagai proses organisasi seperti penjualan, pembelian, manajemen produksi, perencanaan, manajemen gudang, dan CRM.

Dimas Prakoso menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Dengan solusi ERP yang terbukti membantu dalam integrasi data perusahaan, meningkatkan produktivitas, dan memberikan rekomendasi berdasarkan kecerdasan buatan, 1Ci siap menjadi mitra terpercaya bagi UMKM Indonesia dalam menghadapi tantangan dan mengambil peluang di era digital.

Meski belum familiar dengan konsep ERP, prospeknya tetap besar

Dalam sebuah acara jumpa pers yang diselenggarakan di Jakarta, Dimas Prakoso, menyampaikan pandangan optimistis terkait prospek bisnis Enterprise Resource Planning (ERP) di Indonesia dalam lima tahun ke depan. Menyoroti tantangan dan potensi pasar, Dimas Prakoso menyatakan keyakinannya bahwa meskipun masih banyak pengusaha yang belum familiar dengan konsep ERP, prospeknya tetap besar dengan perkembangan generasi yang semakin maju dan modern.

"Potensi pasar di Indonesia masih 80% untuk bisnis ERP dan bisa diaplikasikan di berbagai sektor usaha," ungkap Dimas Prakoso.

1Ci didirikan tahun 1991, adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengembangan, distribusi, penerbitan, dan dukungan perangkat lunak bisnis. Dengan lebih dari 5 juta pengguna bisnis dan lebih dari 1,5 juta perusahaan yang terotomatisasi, 1Ci telah meluas operasinya ke 25 negara, berkolaborasi dengan lebih dari 8.000 mitra.

Konstantin Boyko, Head of Business Development mengatakan, untuk pasar Indonesia, 1Ci telah memperkenalkan produk unggulannya, 1C:Drive, yang dirancang khusus untuk pasar lokal. Dengan antarmuka bahasa Indonesia, 1C:Drive mencakup berbagai proses organisasi, termasuk penjualan, pembelian, manajemen produksi, perencanaan, manajemen gudang, dan CRM.

Sementara itu Maxim Mikhailov, CEO 1Ci International menegaskan bahwa penggunaan sistem ERP tidak hanya membantu dalam integrasi otomatis data keseluruhan perusahaan, tetapi juga dapat memaksimalkan produktivitas dan efisiensi waktu. Sistem software ERP juga dapat melakukan pencatatan otomatis untuk laporan keuangan yang akurat dan bersifat real-time.

"ERP dapat mengotomatisasi bukan hanya administrasi, tetapi juga dapat terintegrasi dengan AI dan IoT serta memberikan rekomendasi, sehingga perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang menguntungkan," tambah Maxim Mikhailov.

Dengan visi yang optimistis dan produk unggulan yang sesuai kebutuhan lokal, 1Ci menawarkan kontribusi yang berarti dalam mendukung perkembangan bisnis ERP di Indonesia dalam lima tahun mendatang. Diharapkan bahwa dengan integrasi teknologi yang lebih dalam dan pemahaman yang lebih baik akan manfaat dari solusi ERP, perusahaan-perusahaan di Indonesia akan semakin siap untuk menghadapi tantangan dan mengambil peluang dalam lingkungan bisnis yang semakin dinamis. ***