EmitenNews.com - PT Bank CIMB Niaga (BNGA) mengumumkan, Tigor M. Siahaan telah mengajukan pengunduran diri sebagai Presiden Direktur dan CEO Perseroan pada 21 Oktober 2021.

 

Toni Darusman, Head of Marketing, Brand & Customer Experience Bank CIMB Niaga bilang, sesuai aturan yang berlaku dan anggaran dasar, pengesahan permohonan tersebut akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

 

"Komite Nominasi dan Remunerasi beserta Dewan Komisaris telah memulai proses seleksi pengganti Bapak Tigor M. Siahaan. Operasional bisnis perusahaan tetap berjalan seperti biasa dan Bapak Tigor M. Siahaan tetap memberikan dukungan optimal selama proses transisi," ujar Toni dalam pernyataan resmi pada Jumat (22/10).

 

Dewan Komisaris dan Manajemen CIMB Niaga menyampaikan penghargaan tertinggi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Tigor M. Siahaan atas kontribusi dan dedikasinya selama hampir 7 tahun berkarya dan berprestasi memimpin CIMB Niaga, kata Dia.

 

Merujuk pada Pasal 8, POJK No. 33/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, bersama ini kami sampaikan bahwa pada hari Kamis, 21 October 2021, CIMB Niaga telah menerima surat tertanggal 21 October 2021 perihal pengunduran diri Tigor M. Siahaan dari jabatannya selaku Presiden Direktur CIMB Niaga, efektif sejak ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan datang.

 

Pengunduran diri tersebut akan disampaikan untuk memperoleh keputusan dalam RUPSLB CIMB Niaga yang akan datang. Tigor M Siahaan lahir di Jakarta 26 Oktober 1971. Ia merupakan Alumni dari IMD BPSE Program (Breakthrough Program for Senior Executives) di Lausanne, Switzerland (2007).

 

Sarjana Bidang Finance dan Accounting (double major) dari University of Virginia Charlottesville, United States. Ia sempat menjabat sebagai Chief Country Officer Citi Indonesia (2011-2015) dan sebelumnya adalah Country Head for Institutional Clients Group Citi Indonesia (2008 - 2011).

 

Tigor diangkat menjadi Presdir CIMB Niaga pada April 2015, dengan menggantikan Arwin Rasyid. Bankir kelahiran Oktober 1971 ini sebelumnya berkiprah di Citi selama lebih 20 tahun, hingga menduduki posisi puncak Chief Country Officer pada 2011-2015. Tigor merupakan orang Indonesia pertama yang sukses menempati jabatan puncak di bank global asal Amerika Serikat tersebut. 

 

Saat memimpin CIMB Niaga, Tigor di kalangan pelaku perbankan dianggap sukses melakukan transformasi layanan digital banking di bank tersebut. Beberapa inovasi besutannya adalah menerapkan sistem core banking baru bernama 1Platform (1P). Pada 2017, CIMB Niaga juga meluncurkan versi Go Mobile yang mempermudah nasabah melalui layanan digital.