EmitenNews.com - 70 tahun sudah Agung Concern Group. Tentu tidak mudah bagi perusahaan keluarga ini, untuk bertahan, terus bertumbuh, menjadi besar, dan sampai kini sudah melibatkan generasi ketiga dalam operasionalisasinya. Menandai perjalanan panjang itu, digelar Anniversary Agung Concern Group ke-70, dengan gala dinner di Raffles Hotel Jakarta pada Rabu (24/7/2024) malam.

Dengan mengusung tema: Sparking Innovation, Empowering The Future, pesta perayaan HUT ke-70 Agung Concern Group itu, dihadiri antara lain oleh Wakil Presiden ke 10, dan 12 RI, Jusuf Kalla, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, CEO Mahatma Ilham Panjaitan dan beberapa pejabat negara lainnya, serta relasi bisnis Agung Concern.

Chairman Agung Concern Group Bakti H.M. Bukti Panjaitan dalam sambutannya mengungkapkan, dengan komitmen, dan dedikasi dalam menghadapi tantangan multifaset, perseroan kini tumbuh kuat dan matang dengar 4 pilar bisnis: otomotif, logistik, layanan, investasi, inovasi, dan teknologi informasi.

“Terima kasih atas kehadiran bapak, dan ibu, serta para tamu undangan, mari kita rayakan pencapaian ini dengan menikmati jamuan dan persembahan istimewa yang telah kami siapkan dari Agungconern, untuk masa depan kita bersama,” katanya.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya menguraikan perkenalannya dengan pendiri Agung Concern group Samuel Panjaitan (alm) yang disebutnya Bapak Tua, dan persahabatannya dengan anak-anak mereka. “Saya belajar banyak pada Bapak Tua, terutama tentang kedisiplinannya.”

Menko LBP berterus-terang bangga atas perjalanan Agung Concern Group yang tahun ini mencapai 70 tahun. Ia menyebutkan, tidak mudah bagi perusahaan keluarga, dan orang Indonesia asli, bertahan sampai puluhan tahun. 

“Tidak mudah bertahan sampai 70 tahun, perusahan keluarga, pribumi lagi. Semoga terus bertahan 70 tahun lagi, dan sampai seterusnya,” kata Luhut Binsar Pandjaitan yang disambut tepuk tangan meriah.

Sementara itu, Jusuf Kalla didampingi Chairman Agung Concern Group, H.M. Bukti Panjaitan kepada wartawan juga mengungkapkan selamat kepada Agung Concern Group atas sukses mengarungi perjalanan panjang. Sebagai generasi kedua Kalla Group yang juga mengageni Toyota di Indonesia timur berpusat di Makassar, seperti Bukti Panjaitan, mengakui tidak mudah perusahaan keluarga bertahan lama.

“Selamat kepada Agung Concern Group yang sudah memasuki usia 70 tahun dengan sukses. Panjang umur terus maju, dan sukses,” kata Ketua Umum PMI itu. 

Benar. Tidak banyak perusahaan keluarga yang bisa bertahan sampai generasi kedua, ketiga, dan seterusnya. Salah satu dari yang sedikit itu, Agung Concern Group, yang tahun ini, sudah menapaki jalan panjang sampai 70 tahun, dengan jumlah karyawan  lebih dari 5000 orang, tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Menarik dicatat, lewat sang ayah (generasi pertama) Samuel Panjaitan, Agung Concern adalah perusahaan keluarga yang mengelola showroom dan bengkel di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian bisnisnya berkembang menjadi importir kendaraan bermotor. Salah satunya merek Toyota. Perusahaan lalu membuka cabang di Jakarta dengan mengimpor suku cadang dan kendaraan built up.

Nah, seiring dengan perkembangan dunia otomotif di Indonesia dan pengalaman menjual kendaraan bermotor merek Toyota, Agung Concern dipercaya menjadi dealer utama Toyota. Agung Toyota, satu dari lima founding dealer Toyota sejak 1972, sejajar dengan antara lain Auto 2000, Kalla Group, Hasjrat Abadi dan Nasmoco Group. Agung Toyota kini tampil menguasai pasar mobil di wilayah Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, dan Bali.

Kini, 70 tahun kemudian, Agung Concern Group, yang telah merambah ke berbagai lini bisnis. Mulai dari transportasi darat dan laut, logistik, warehouse, properti, hingga teknologi informasi. Perusahaan keluarga yang didirikan oleh oleh pasangan almarhum Samuel Panjaitan, dan Ostina Emanuel ini, tetap sukses berkembang di bawah kendali generasi kedua, yang kini sudah melibatkan generasi ketiga.

Sejumlah hal penting yang bisa dijadikan pelajaran bagi perusahaan keluarga, jika ingin eksis dan bertahan puluhan bahkan ratusan tahun. Di antaranya, tentang filosofi keluarga yang menjadi corporate culture, pembentukan tim building, juga kejelian membaca situasi dan mengeksekusinya sebagai bisnis menguntungkan.

Memasuki generasi  kedua, Agung Concern Group dikelola oleh H.M. Bukti Panjaitan sebagai Presiden Direktur dan Mahatma Ilham Panjaitan yang juga menduduki posisi  sebagai CEO

Saat merayakan ulang tahunnya yang ke-65  pada tahun 2021, Mahatma Ilham Panjaitan, membagikan resepnya sehingga bisa membawa sukses perusahaan keluarganya, yaitu dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi tepat.

“Sederhana saja. The right man and the right place, dengan begitu beres semua,” kata Mahatma Ilham Panjaitan, karib disapa MIP dalam silaturahim peluncuran buku perjalanan hidupnya, di Jakarta pada tahun 2021. Buku berjudul “Panjaitan van Menteng The Godfather” itu ditulis jurnalis Putut Trihusodo dan Dwitri Waluyo dengan gaya reportase menarik.