EmitenNews.com - Sebagai upaya mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) khususnya melalui belanja barang dan jasa pemerintah, Kemenperin secara aktif melakukan sosialisasi, business matching, mempertemukan penyedia bahan baku/ komponen dengan industri, serta kegiatan fasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Untuk meningkatkan partisipasi Industri Kecil pada kegiatan belanja pemerintah, telah diterbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 46 Tahun 2022 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN untuk Industri Kecil, yang akrab disebut Permenperin TKDN-IK.


Kemudahan dalam memperoleh sertifikat TKDN-IK diantaranya berupa penyederhanaan penghitungan nilai TKDN dan pengajuan pendaftaran secara daring melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).


"Nilai TKDN yang diberikan hingga 40%, sehingga Industri Kecil dapat bersaing di e-katalog. Tentunya sertifikat TKDN-IK ini gratis tanpa dipungut biaya,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat hadir di acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Bencoolen Fest di Bengkulu, Sabtu (18/11).


Pemerintah terus mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga dan cinta pada produk lokal yang kualitasnya semakin bersaing dengan produk dari luar negeri sebagai upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.


Rangkaian Gernas BBI 2023 dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bekerja sama dengan top brands, BUMN, BUMD, serta stakeholder lainnya. BBI dan BBWI Bengkulu 2023 mengangkat tema “Mela Belanjo kek Bejalan ke Bengkulu” yang memiliki makna “Ayo Berbelanja dan Berkunjung ke Bengkulu”. Sementara untuk Gernas BBWI mengangkat tema Bulan Olahraga.


“Melihat kondisi ekonomi Indonesia yang kian membaik, kita semua optimis dengan terus menggemanya Gernas BBI/BBWI, maka para pelaku industri di Indonesia bisa mendapatkan manfaat yang besar dari tingginya animo masyarakat yang membeli produk dalam negeri, terutama produk IKM,” kata Menperin.


Rangkaian Kampanye Gernas BBI/BBWI Bengkulu berlangsung selama lima bulan, diawali dengan Kick Off Kampanye Gernas BBI/BBWI pada 27 Juli 2023, bertepatan dengan malam penutupan Festival Tabot Bengkulu.


Dalam Gernas BBI Bengkulu juga dilaksanakan proses pembinaan berupa pendampingan dan fasilitasi kepada 30 IKM terpilih, yang selanjutnya dinilai untuk mendapatkan lima IKM champion yang diumumkan pada Harvesting Gernas BBI Bengkulu pada 18 November 2023 bertempat di Balai Raya Semarak, Kota Bengkulu.(*)