EmitenNews.com - Ahmad Muzani terpilih sebagai Ketua MPR RI 2024-2029. Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI menyepakati anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra itu, menggantikan Bambang Soesatyo, pimpinan MPR periode lalu. Sebagai pimpinan MPR, Sekjen Gerindra ini akan didampingi delapan wakil ketua. Rencananya, pimpinan MPR 2024-2029 akan disahkan dalam rapat paripurna Kamis (3/10/2024) pagi ini.

"Beliau akan didampingi oleh delapan para Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi partai politik di MPR," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Menurut Ahmad Basarah, rapat gabungan tersebut menyepakati Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI, secara mufakat. Sementara itu, para calon Wakil Ketua MPR dari unsur kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Dengan demikian, Rapat Paripurna, Kamis, 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin Ahmad Muzani, didampingi 8 Wakil Ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai kelompok dan kelompok DPD," jelasnya.

Sidang Paripurna Ke-2 yang diterima di Jakarta, Rabu, agenda penetapan dan pelantikan pimpinan MPR RI dijadwalkan pada Kamis (3/10/2024) pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Sebelum agenda tersebut, MPR RI mengagendakan penyampaian bakal calon pimpinan dari masing-masing fraksi dan kelompok DPD. Seluruh fraksi MPR, sudah menyampaikan calon wakil ketua untuk disahkan dalam paripurna pagi ini.

Anggota DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, mewakili kelompok DPD untuk menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029. Putra Menkumham, Supratman Andi Agtas mengalahkan politisi senior Fadel Muhammad dapil Gorontalo, dalam pemungutan suara di DPD.

Keputusan tersebut ditetapkan oleh Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung usai pemungutan dan penghitungan suara putaran kedua dilakukan dalam rapat yang dihadiri 143 anggota, dan dimulai sejak Rabu (2/10/2024) malam.

Dalam forum, Abcandra sempat mengatakan bahwa dirinya memutuskan maju untuk dipilih sebagai pimpinan MPR RI dengan mempertimbangkan bonus demografi yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Anak muda ini mengaku ingin menjadikan MPR RI sebagai rumah kolaborasi lintas generasi.

“Saya memohon izin kepada senior-senior semuanya, jangan melihat saya sebagai pendatang baru, tetapi saya memohon kolaborasi kita bersama, dan jadikan saya tempat untuk kita bersama-sama memaksimalkan penguatan lembaga kita melalui MPR RI,” kata Abcandra.

Sementara itu, PDI Perjuangan menunjuk Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029. Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah menjelaskan, penunjukan Bambang sebagai pimpinan MPR adalah hasil kesepakatan di internal DPP PDI-P. 

“Dalam rangka tour of duty, maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari fraksi PDI-P adalah senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialektika di DPR ini ya. Beliau sudah lebih 20 tahun dan saatnya beliau hijrah ke lembaga MPR menjadi wakil ketua MPR. Mama tokoh senior partai tersebut adalah Ir.Bambang Wuryanto, demikian,” ” ujar Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2024).

Seperti diketahui, anggota MPR RI 2024-2029 resmi dilantik dalam Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota MPR/DPR/DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024), setelah pelantikan anggota DPR dan DPD RI.

Sidang pelantikan itu dipimpin oleh anggota DPR RI tertua Guntur Sasono selaku Ketua MPR Sementara, didampingi oleh anggota DPD RI termuda Larasati Moriska selaku Wakil Ketua MPR Sementara.

Sebanyak 732 orang itu, dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/P/2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPR/DPD/MPR Masa Jabatan Tahun 2024-2029 tertanggal 30 September 2024. Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin pun memimpin sumpah/janji pelantikan.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada saat Pengucapan Sumpah/Janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Masa Jabatan Tahun 2024—2029," kata Plt. Sekjen MPR RI Siti Fauziah.

Anggota MPR itu terdiri atas seluruh anggota DPR dan DPD RI dengan jumlah 732 orang. Anggota DPR RI yang telah dilantik berjumlah 580 orang, sedangkan anggota DPD RI yang telah dilantik sebanyak 152 orang. ***