EmitenNews.com - Mari mendukung transisi energi. Asisten Direktur Departemen Makroprudensial Bank Indonesia Heru Rahadyan meminta masyarakat memilih produk keuangan atau investasi hijau. Tujuannya, mendukung pembangunan proyek hijau yang dapat mendorong upaya transisi energi ke Energi Baru Terbarukan (EBT).


Dalam diskusi secara bertajuk Keuangan Berkelanjutan 101 oleh Bank Indonesia,  Rabu (31/8/2022), Heru Rahadyan meminta masyarakat dapat menempatkan dananya pada produk keuangan atau investasi milik perusahaan-perusahaan yang menjalankan proyek hijau. Ini bagian dari peran masyarakat dalam upaya transisi energi, sekaligus mencegah terjadinya perubahan iklim.


"Pilihlah bank yang hijau. Lihat laporan keuangannya, dia investasi di hijau atau tidak. Kreditnya banyak yang hijau atau tidak," ujar Heru Rahadyan.


Dalam memilih produk investasi, BI menyarankan masyarakat memilih saham-saham perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Sustainable and Responsible Investment-KEHATI (SRI-KEHATI). Sedangkan, untuk instrumen obligasi dapat memilih sukuk hijau. ***