EmitenNews.com - Panin Sekuritas (PANS) makin agresif menimbun saham Modernland Realty (MDLN). Itu ditunjukkan dengan menyerok 565.426.000 helai alias 565,42 juta eksemplar. Transaksi senyap tersebut telah dipatenkan pada 15 Februari 2024. 

Pelaksanaan transaksi tersebut dilakukan secara mandiri oleh Panin Sekuritas. Nah, penyelesaian transaksi itu, tabungan saham Modernland Realty dalam genggaman Panin Sekuritas makin menggelembung.

Tepatnya, menjadi 2,14 miliar eksemplar alias setara dengan porsi kepemilikan 17,11 persen. Melejit 4,51 persen dari periode sebelum transaksi dengan koleksi 1,57 miliar lembar. Timbunan saham sebelum transaksi tersebut selevel dengan 12,60 persen. 

Rupanya, Panin Sekuritas menampung saham yang dilepas oleh Honoris Corporindo Pratama. Pasalnya, saat bersamaan, Honoris Corporindo Pratama melepas saham sebanyak yang diserok Panin Sekuritas. Divestasi saham Honoris dibantu sejumlah sekuritas.

Broker terlibat dalam aksi Honoris Corporindo antara lain Sinarmas Sekuritas, CGS International Sekuritas Indonesia, Panin Sekuritas, RHB Sekuritas Indonesia, Ciptadana Sekuritas Asia, dan Jasa Utama Capital Sekuritas. 

Akibat divestasi itu, timbunan saham Honoris mengerucut menjadi 1,06 miliar eksemplar alias setara dengan porsi kepemilikan 8,51 persen. Susut 4,51 persen dari sebelum transaksi dengan donasi sekitar 1,63 miliar lembar. Tabungan saham itu, selevel dengan 13,02 persen. (*)