EmitenNews.com - PT Energi Mega Persada Tbk (IDX: ENRG), emiten di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, mengumumkan bahwa anak usahanya, PT EMP Energi Jaya (EEJ), telah menyelesaikan pembelian 51% kepemilikan di Blok Kontrak Kerja Sama (KKS) Sengkang di Sulawesi Selatan pada 25 Oktober 2024. 

Sebelumnya, ENRG melalui anak usaha lainnya, PT Energi Maju Abadi (EMA), telah memiliki 49% partisipasi interes di blok tersebut.

Dengan penyelesaian transaksi ini, ENRG kini menguasai 100% produksi dan keuangan Sengkang, yang dapat dikonsolidasikan penuh melalui beberapa anak usahanya.

 "Sengkang memiliki kontrak untuk memasok gas dengan kapasitas hingga 50 juta kaki kubik gas per hari kepada PT PLN (Persero). Selain itu, kontrak kerja sama blok gas Sengkang juga baru diperpanjang hingga Oktober 2042." kata  Direktur dan Corporate Secretary ENRG, Riri Hosniari Harahap. 

Riri menambahkan, blok Sengkang memiliki cadangan gas terbukti sebesar 380 miliar kaki kubik dan prospek gas sekitar 1,3 triliun kaki kubik. ENRG berencana meningkatkan produksi harian dari cadangan yang ada, serta memulai kegiatan pengeboran untuk menemukan cadangan baru di area konsesi.

Riri juga menegaskan bahwa transaksi ini bukan merupakan transaksi material atau afiliasi menurut ketentuan POJK No. 17/POJK.04/2020 dan POJK No. 42/POJK.04/2020.