EmitenNews.com - Alhamdulillah. Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama untuk embarkasi Jakarta mendarat di Madinah, Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023). Kedatangan sebanyak 390 jemaah haji, yang mendarat di Terminal Fast Track itu, disambut langsung oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah bidang Ziarah asal Arab Saudi, Abdurrahman Bejawi.

 

Kepada rombongan jemaah haji Indonesia, Abdurrahman Bejawi mengucapkan selamat datang. Ia secara khusus juga menyampaikan, jemaah haji gelombang pertama ini mendarat di Terminal Fast Track yang menjadi salah satu layanan dari Raja Arab Saudi. Tujuannya, kata Abdurrahman Bejawi, perjalanan jemaah haji di Madinah berjalan lancar dan lebih cepat.

 

"Target kami dari layanan fast track ini adalah memberikan kenyamanan dalam perjalanan bagi jemaah haji. Ini merupakan bagian dari pelayanan Arab Saudi bagi jemaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia," tutur Abdurrahman Bejawi saat menyambut jemaah haji Indonesia di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) yang tiba di Kota Nabawi tersebut pada sekitar pukul 06.30 waktu Arab Saudi.

 

Kehadiran perdana jemaah haji Indonesia ini juga disambut oleh Dubes RI di Arab Saudi Abdul Aziz, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, serta Kepala Daker Bandara Haryanto beserta jajarannya. Bahkan, senandung Thala'al Badru dan pemberian bunga kepada para jemaah turut mewarnai penyambutan tersebut.

 

Dubes RI di Arab Saudi Abdul Aziz menyatakan rasa syukur atas kelancaran perjalanan dari jemaah haji kloter pertama tersebut. Ia bersaksi, para jemaah tidak terlalu lama di bandara dan segera ke bus untuk diantar ke hotel bersama dengan koper bagasi masing-masing.

 

"Saya melihat ada jemaah yang menggunakan kursi roda. Saya tanya tentang perjalanan selama di pesawat, mereka mengatakan lancar. Kita doakan semoga jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan mabrur," terang Abdul Aziz.

 

Abdul Aziz juga mengapresiasi para petugas haji dalam melayani jemaah. Ia melihat para petugas membantu jemaah hingga memasuki bus. "Tagline Haji Ramah Lansia betul-betul dilaksanakan. Saya melihat para petugas sigap dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Saya harap sikap ini dipertahankan sampai akhir operasional." 

 

Tetapi, selaku Koordinator PPIH Arab Saudi, Abdul Aziz tidak lupa berpesan agar seluruh petugas memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji, khususnya bagi jemaah lansia yang berusia di atas 65 tahun. "Berikan pelayanan terbaik agar mereka bisa beribadah dengan baik."

 

Kepada seluruh petugas haji, Abdul Aziz meminta agar senantiasa mewaspadai cuaca panas di Arab Saudi. Cuaca yang lebih panas dibandingkan Indonesia ini diminta oleh Aziz sudah dapat diantisipasi oleh petugas.