EmitenNews.com - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) atau (TLKM), telah menyelesaikan transaksi jual beli dan menandatangani akta pengalihan dengan PT Dhost Telekomunikasi Nusantara. 

Transaksi ini melibatkan penjualan 850 infrastruktur indoor (In Building Services Sites) dan penyewaan kembali 689 infrastruktur indoor dengan nilai transaksi sebesar Rp685.001.000.000 (enam ratus delapan puluh lima miliar satu juta Rupiah).

Langkah ini merupakan bagian dari strategi transformasi perusahaan untuk memperkuat posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. 

Meskipun transaksi ini tidak memiliki dampak signifikan terhadap operasional, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha perusahaan, hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan infrastruktur Telkomsel demi peningkatan kualitas layanan indoor dan kepuasan pelanggan.

Transaksi ini juga sejalan dengan tren industri telekomunikasi yang melakukan unlock asset melalui transaksi sale and lease back, memungkinkan operator untuk fokus pada pengembangan bisnis inti perusahaan.

Octavius Oky Prakarsa, VP Investor Relations Telkom, menyampaikan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mencapai profitabilitas yang lebih baik. Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital yang terus berkembang.