EmitenNews.com - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) menyatakan hingga September 2021 kemarin realisasi belanja modal (capital expenditure / capex) 65 persen dari total Rp326 miliar. 


Direktur Keuangan dan SDM IPCM, Rizki Pribadi Hasan, mengatakan bahwa capex tersebut merupakan anggaran belanja yang dianggarkan untuk tahun buku mulai 2018 silam. 


"Capex Kita dari tahun 2018 akhir sampai 2022 kita anggarkan sebesar Rp326 miliar, dimana dari angka itu hingga September 2021 sudah terpakai kurang lebih 65 persen sisanya akan kita gunakan sampai tahun 2023," kata Rizki dalam keterangannya, Sabtu (20/11).


Dia memperkirakan permintaan jasa pandu dan tunda untuk kapal-kapal logistik besar kedepan akan semakin ramai. Oleh sebab itu IPCM berencana melakukan penambahan 4 unit kapal lagi hingga tahun 2023 demi menopang pertumbuhan sektor logistik. Diharapkan dengan peluang ini bisnis IPCM terus berkembang.


Empat unit kapal yang dimaksud adalah 1 kapal Tunda dengan anggaran Rp70 miliar dan 3 kapal pandu sekitar Rp25 miliar. Sehingga total Capex untuk 4 kapal itu diperkirakan mencapai Rp95 miliar.


Adapun seiring dengan perbaikan kondisi perekonomian nasional saat ini. Bahkan IPCM berencana melakukan penambahan 2 kapal lagi untuk anggaran yang akan dimintai persetujuan pada 2022.


"Kami sedang melakukan kajian untuk penambahan anggaran, tapi kami belum bisa disclose berapa nilainya untuk penambahan kapal demi menyambut perekonomian ke depan," pungkas Rizki.