EmitenNews.com -PT Petrosea Tbk (PTRO), perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang pertambangan, infrastruktur dan jasa minyak & gas bumi dengan jejak langkah di Indonesia sejak tahun 1972, telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa & Tahunan pada Senin, 15 Mei 2023 dengan hasil sebagai berikut:


RUPS Tahunan menyetujui pendistribusian dividen tunai sebesar USD0,07664 per lembar saham atau sebesar USD76 juta yang akan dibagikan pada tanggal 31 Mei 2023 kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal 26 Mei 2023 pukul 16.00 WIB.


Secara rinci PTRO, membagikan dividen jumbo sebesar USD76 juta atau dividen per share 1.100/saham, dividend yield 19% dengan dividend payout ratio 180% dari laba tahun buku 2022.


"Dividen ini sudah kita rencanakan pada tahun 2021 dan baru bisa terealisasi pada tahun buku 2022, ini merupakan komitmen kita kepada stakeholder dan juga untuk membangkitkan semangat kepada para investor baru " ujar Romi Novan Indrawan, Presiden Direktur PT Petrosea Tbk (PTRO) kepada EmitenNews.com , Senin (15/5/2023).


Dari sisi bisnis, PTRO akan terus melakukan reposisioning menjadi maind owner dimana posisi batubara saat ini masih menarik, perseroan ingin memanfaatkan saat harga masih baik dengan mengakuisisi 99,93 persen kepemilikan saham pada PT Kemilau Mulia Sakti milik PT Insan Global Pawulang senilai USD90,5 juta.


Sumber pendanaan yang digunakan oleh PTRO berasal dari Bank Mandiri (BMRI). Sehingga target laba tahun ini sebesar USD15 juta untuk tahun 2023 dan 20-25 juta untuk tahun berikutnya pada tahun selanjutnya, lalu pada tahun-tahun berikutnya diharapkan bisa menyentuh USD100 juta.


RUPS Tahunan menyetujui laporan tahunan dan laporan akuntabilitas dari Direksi dan laporan tugas pengawasan dari Dewan Komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, serta penyampaian dan pengesahan laporan keuangan konsolidasi Perusahaan untuk tahun buku 2022.


Pada poin ketiga, para pemegang saham menyetujui RUPS Luar Biasa menyetujui pengalihan dan/atau penjaminan net asset Perusahaan sebagai jaminan utang atas nama Perusahaan yang diperoleh dari sumber perbankan atau kreditur lainnya.


Selanjutnya RUPS Tahunan juga menyetujui pengangkatan Prof. Ginandjar Kartasasmita sebagai Wakil Presiden Komisaris, sehingga komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan adalah sebagai berikut:


Dewan Komisaris, Presiden Komisaris : Haji Romo Nitiyudo Wachjo, Wakil Presiden Komisaris : Prof. Ginandjar Kartasasmita, Komisaris : Djauhar Maulidi S.E., M.B.A., Komisaris : Jenderal Pol (Purn.) Drs. Sutanto, Komisaris Independen : Hasnul Suhaimi, Komisaris Independen : Osman Sitorus, Komisaris Independen : Setia Untung Arimuladi S.H., M.Hum. dan Komisaris Independen : Prof. Dr. Supandi, S.H., M.Hum.


Presiden Direktur : Romi Novan Indrawan, Wakil Presiden Direktur : Rafael Nitiyudo, Direktur : Aldi Rakhmatillah  Direktur : Pankaj Motilal dan Direktur : Ruddy Santoso.