EmitenNews.com - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyampaikan bahwa anak usaha telah melakukan transaksi afiliasi yaitu pemberian pinjaman pemegang saham dengan total sebesar USD18 juta. 

Direktur Antam I Dewa Warantaya Dalam keterangan resmi Selasa (8/10) menyebutkan bahwa PT Gag Nikel (PTGN) yakni salah satu anak usaha perseroan memberikan pinjaman pemegang saham kepada PT Jiu Long Metal Industry (JLMI) senilai USD18 juta atau setara Rp274,44 miliar. 

Pertimbangan atas dilakukannya transaksi ini untuk mengimplementasikan kebijakan hilarisasi sebagaimana diberlakukan oleh pemerintah berdasarkan kontrak karya generasi VII.

"Pemberian pinjaman ini, akan meningkatkan pendapatan tidak langsung perseroa yang berasal dari pendapatan bunga atas pembayaran pemberian pinjaman dari JLMI kepada PTGN," tulis  I Dewa Warantaya.

Selanjutnya, pinjaman ini akan digunakan JLMI untuk memperkuat kegiatan operasionalnya, yang akan meningkatkan pendapatan JLMI. 

Sehingga, JLMI dapat membagikan dividen kepada PTGN selaku salah satu pemegang JLMI, dimana PTGN akan meneruskan pendapatan dividen tersebut kepada perseroan.