EmitenNews.com - Arus mudik Lebaran 2023 diprediksi meningkat. PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Batam memprediksi pada arus mudik Lebaran tahun 2023 mencapai 13 ribu lebih. Terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2022 yang hanya sekitar 8 ribu orang.

 

"Prediksi kami untuk tahun ini mengalami kenaikan sekitar 13 ribu lebih dibandingkan tahun kemarin hanya sekitar 8 ribuan. Jadi ada peningkatan sekitar 30 persen untuk pejalan kaki dan 20 persen untuk kendaraan," ujar General Manager PT ASDP Batam Marsadik di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/3/2023).

 

Mengantisipasi kondisi itu, ASDP Batam bersama instansi terkait dengan pengawasan arus mudik melakukan rapat koordinasi untuk meningkatkan kenyamanan dan rasa aman para pemudik selama melakukan perjalanan. Dari pertemuan itu, sudah diperoleh sejumlah masukan dari berbagai pihak. Semua itu, akan menjadi bahan untuk lebih  berbenah dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Dalam mendukung kelancaran mobilitas kendaraan yang akan melakukan mudik Lebaran melalui Pelabuhan Roro Telaga Punggur, targetnya setiap hari memberangkatkan 50 kendaraan.

 

Untuk itulah, mulai tanggal 4 April 2023, disiapkan 3 kapal untuk jalur antarprovinsi. Targetnya, antrean 1 sampai 100 dalam dua hari harus selesai. Antrian 101 berangkat di hari ke tiga, dan begitu seterusnya. Dari situ diharapkan tidak terjadi penumpukan parah. ***