EmitenNews.com - Ini bagian dari langkah pemerintah mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022.  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) memperpanjang libur sekolah di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat selama tiga hari. Dengan begitu jadwal masuk sekolah diundur menjadi 12 Mei 2022, dari semula 9 Mei 2022. Kebijakan itu diambil untuk membantu mengurai kemacetan arus balik liburan Idulfitri 1443 Hijriah.


Dalam keterangannya kepada pers seperti dikutip Kamis (5/5/2022), Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud-Ristek Anang Ristato mengatakan, pihaknya menanggapi positif hasil koordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022. Terutama di kawasan Jabodetabek.


Menurut Anang Ristato, pihaknya berkoordinasi dengan Pemprov DKI, Jabar, dan Banten untuk memundurkan jadwal masuk sekolah. Para siswa di ketiga provinsi itu baru akan masuk sekolah pada 12 Mei 2022.


"Kemendikbud-Ristek menindaklanjuti berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," tuturnya.


Selanjutnya pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten/kota masing-masing. Keputusan ini masih terus disosialisasikan oleh pemerintah daerah, untuk diterapkan sebagaimana mestinya. ***