EmitenNews.com - ??Astra International (ASII) buka suara mengenai sasis enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor Honda patah, dan korosi. eSAF merupakan teknologi rangka besutan Astra Honda Motor (AHM) itu, dibuat dengan metode produksi press, dan pengelasan laser. 


Struktur rangka itu, dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas saat gerak menikung agar motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Menyusul insiden itu, AHM oleh Kemendag disebut-sebut untuk melakukan recall. 


”Kami memperoleh klarifikasi tidak ada pernyataan soal himbauan maupun perintah penarikan produk (recall) dari Direktorat Pemberdayaan Konsumen Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan kepada AHM,” tulis Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM.


PT Astra Honda Motor (AHM) adalah perusahaan ventura bersama antara perseroan dan Honda Motor Co., Ltd. (HMC). Di mana, perseroan dan HMC masing-masing memiliki 50 persen saham AHM. ”Jadi, AHM bukan perusahaan terkendali perseroan,” tegas Gita Tiffany Boer, Corporate Secretary Astra International. 


Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut meminta klarifikasi Astra Honda Motor mengenai keluhan eSAF sepeda motor Honda patah dan korosi. Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto Restyawan menjelaskan rapat klarifikasi itu, untuk menelusuri akar masalah, dan meminta penjelasan soal rangka eSAF viral di media sosial.


Sebagai bentuk tindak lanjut, pemerintah akan membentuk tim penelitian menangani isu patah dan korosi rangka eSAF terdiri dari Kemenhub, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan AHM. ”AHM juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan digunakan aman, dan selamat," ucap Danto.


Berdasar hasil rapat itu, AHM juga membuka jalur penyampaian keluhan terkait rangka eSAF melalui layanan telepon 1-500-989, pos-el customercare@astrahonda.com atau pesan singkat di 0811-9-500-989. Konsumen Honda dapat mendatangi bengkel resmi Honda (AHASS) terdekat untuk melakukan perawatan, dan perbaikan sesuai kondisi unit motor. (*)