EmitenNews.com - Moda share bisa menjadi satu solusi untuk mengatasi penumpukan pemudik saat musim mudik Lebaran maupun libur Natal dan Tahun Baru. Karena itu, Ketua Majelis Profesi dan Etik Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono menilai hal itu menjadi penting agar penanganan arus mudik lebih baik lagi.

 

"Pemerintah itu harus punya data yang lewat jalan kendaraan itu berapa juta. Mau enggak mau, ke depan harus punya pemaksaan untuk dipindahkan ke kereta berapa, dipindahkan ke jalur laut berapa. Itu namanya moda share," kata Agus Taufik Mulyono dalam acara Market Review yang disaksikan secara daring di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

 

Dalam penilaian Agus, pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, pemerintah telah menyiapkan jalur mudik secara luar biasa. Mulai dari aspek geometri, perlengkapan jalan, markah hingga pengamanan. Pihaknya mencatat terjadi peningkatan pengguna kendaraan umum hingga 6 persen pada Lebaran tahun ini.

 

Yang harus diingat, kendaraan yang mudik dan balik pada tahun ini bertambah, sebagai akumulasi semangat Lebaran yang telah tertahan selama tiga tahun karena pandemi Covid-19.

 

"Ini salah satu akar masalah yang sebenarnya sudah diantisipasi, tapi jumlah kendaraan memang luar biasa karena kita tidak bisa membatasi jumlah kendaraan, itu berhadapan dengan pelanggaran hak asasi manusia," ujar Agus Taufik Mulyono. ***