EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali sideways cenderung koreksi. Sepanjang perdagangan hari ini, Kamis, 24 Oktober 2024, IHSG akan menguji level support 7.750, dan resistance level di posisi 7.800. 

Apalagi, pada perdagangan kemarin, IHSG bergerak sesuai perkiraan dengan tertahan di bawah resistance area 7.800-7.830. Bersamaan dengan pergerakan tersebut, penyempitan negative slope pada MACD berlanjut. 

Menilik data dan fakta itu, Phintraco Sekuritas menyarankan para pelaku pasar untuk tidak ragu mengoleksi sejumlah saham berikut. Yaitu, Japfa (JPFA), Malindo Mail (MAIN), Charoen Pokphand (CPIN), Samudera Indonesia (SMDR), dan Semen Indonesia alias SIG (SMGR). 

Hari ini, pasar akan disibukkan dengan data-data indeks manufaktur di Amerika Serikat (AS), Euro Area, dan Jerman diperkirakan membaik periode Oktober 2024, meski masih berada di bawah batas ekspansif 50. Sementara itu, Inggris menjadi satu dari sedikit negara Eropa menjaga indeks manufaktur di atas 50. 

Padahal, mengalami sedikit penurunan (10 bps mom) edisi Oktober 2024. Pasar belum memiliki cukup waktu untuk merespons penurunan penjualan rumah (previously owned) 1 persen mom September 2024 ke 3.84 juta unit, level terendah sejak Oktober 2010. Kondisi itu, berpotensi merubah kembali ekspektasi pasar terhadap kebijakan the Fed. Terlebih apabila data initial jobless claims lebih tinggi dari perkiraan. (*)