EmitenNews.com - BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit mengemas kampanye Aktivasi Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di Pasar Muara Karang, Jakarta Utara, Rabu (13/12/2023) dengan cara yang menarik. 


Salah satunya dengan membagi-bagikan hadiah bagi pekerja pasar yang menjawab dengan benar kuis seputar program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Mereka yang menjawab dengan tepat pun berhak mendapatkan hadiah berbagai peralatan rumah tangga. 


Kepala Bidang Umum dan SDM selaku PPs Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit M Purnama Winandi Saputra mengatakan pihaknya menggelar kegiatan tersebut dalam rangka edukasi sekaligus akuisisi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan khususnya untuk pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) di pasar tradisional dan sekitarnya. Kegiatan tersebut juga serempak di seluruh Indonesia. 


Menurut Purnama tema aktivasi tersebut bermaksud agar pekerja pasar yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan turut aktif mengajak pekerja lain yang belum terlindungi. Purnama mengakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menawarkan dua program perlindungan dasar yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran hanya Rp16.800 per bulan. 


”Kalau ditambah dengan program Jaminan Hari Tua (JHT) tinggal menambah Rp20 ribu, jadi Rp36.800 per bulan. Kami sangat sarankan peserta melengkapi dengan program JHT untuk menabung yang manfaatnya sangat besar di masa mendatang,” ujar Purnama.


Sementara itu, manfaat program JKK, JKM, dan JHT disampaikan berulang-ulang melalui pengeras suara oleh pembawa acara. Salah satunya adalah penyampaian manfaat JKK yang sifat penjaminannya tak ada batas atas pembiayaan atau plafon alias tak terbatas. 


Pemulihan peserta mengalami kecelakaan kerja akan dipenuhi seluruh kebutuhan medis tanpa batasan biaya dan batas waktu sampai sembuh dan kembali bekerja. Menurut Purnama, selain aksi fisik di pasar, pihaknya juga menggelar kampanye KKBC melalui radio.


Di sisi lain, Kepala Marketing Pasar Muara Karang Ardiyanto, mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang menggelar sosialisasi program perlindungan Jamsostek di lokasi tersebut. Menurut Aridyanto, para pedagang dan pengunjung sangat antusias mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 


”Program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat masuk ke segmentasi para pedagang dan pengunjung di sini. Kalau asuransikan preminya mahal. Tapi ini dengan iuran Rp16.800 per bulan sudah mendapatkan manfaat perlindungan unlimited sehingga mereka sangat senang,” ujar Ardiyanto. 


Menurutnya, pihak Pasar Muara Karang selalu terbuka kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas kepesertaan di sana. Dengan harapan seluruh pedagang pasar dan sekitarnya menjadi peserta yang terlindungi program Jamsostek. ”Dulu sudah ada sosialisasi seperti ini. Tapi sekarang ini sosialisasinya lebih besar sehingga akan banyak lagi pedagang dan pengunjung yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ardiyanto. (*)